SimplyBox: Cara Termudah Membuat Kliping Online

Bookmark adalah fitur yang sangat penting apabila Anda setiap hari mengunjungi sejumlah situs tertentu, namun kurang cocok untuk digunakan dalam kegiatan riset. Contohnya saat melakukan riset tentang arsitektur x86 Anda menandai banyak halaman yang membahas secara detil teknis arsitektur tersebut, tetapi pada akhirnya tidak berguna karena beberapa hari setelah itu Anda melupakan bagian mana halaman tersebut yang ingin Anda pakai untuk riset.

Mulai sekarang Anda dapat menggunakan SimplyBox, sebuah perusahaan baru yang bermarkas di San Fransisco memungkinkan pengguna untuk menandai sejumlah situs dengan cara yang lebih visual, mengatasi kekurangan yang biasanya dimiliki oleh bookmark tradisional. SimplyBox tersedia sebagai plugin untuk Internet Explorer dan Firefox; versi Safari akan segera menyusul.

Untuk menggunakan SimplyBox, tekan tombol "Box and Save" yang di toolbar browser dan pointer tetikus Anda akan berubah menjadi kursor target yang Anda pakai untuk memblokir bagian halaman yang ingin Anda simpan. Setelah itu Anda cukup men-drag hasil seleksi Anda ke dalam kotak yang muncul di bagian bawah halaman, Anda juga dapat dengan mudah menyimpan beberapa bagian dari halaman yang sama. Proses ini cukup intuitif dan sangat efisien.Menekan logo SimplyBox akan membawa Anda ke halaman profil di mana Anda dapat melihat setiap kotak yang telah Anda isi. Kliping muncul sebagai gambar besar yang memperlihatkan konten dan dapat ditampilkan dalam tampilan desktop, list atau grid. Pengguna juga dapat menambahkan komentar pada setiap potongan.

Pada prakteknya, SimplyBox bekerja baik terutama untuk melakukan riset pada sejumlah situs. Sebagai contoh pengguna yang sedang berburu apartemen dapat dengan mudah menggunakan SimplyBox untuk terus memantau situs yang menarik perhatian mereka, kliping foto dan ringkasan sebagai referensi masa depan. Situs tersebut juga memungkinkan pengguna untuk berbagi kliping dengan rekan untuk keperluan kolaborasi dalam proyek.

Salah satu kelemahan SimplyBox adalah setiap kliping disimpan dalam bentuk gambar yang tidak mewakili fungsionalitas dari sumber asal. Jika Anda mengambil potongan klip dari video YouTube, ia hanya akan muncul sebagai gambar dan Anda perlu mengunjungi halaman asli untuk menonton video tersebut secara penuh, begitu juga dengan kliping teks yang hanya muncul sebagai gambar. (TechCrunch)

Saya merasa SimplyBox tidak memiliki satu fitur yang sangat penting yaitu pencarian yang akan menjadikan SimplyBox jauh lebih berguna dibandingkan saat ini. Evernote sudah melakukan hal ini, bahkan mengaplikasikan teknologi optical character recognition sehingga mampu mencari teks dalam bentuk gambar. Evernote juga memiliki extension Firefox tetapi tidak berpenampilan semenarik SimplyBox dan tidak selalu memberikan hasil yang optimal saat menyimpan kombinasi gambar/teks di halaman situs.

Ada beberapa alat kliping lain yang tersedia yaitu Sazell , Diigo, Webclip dan Clipmarks.

Sumber : udaramaya.com

0 comments:

Copyright © 2009 - Manga Maniac - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template