Love Hina

Love Hina (ラブひな Rabu Hina) ialah manga dan anime populer karya Ken Akamatsu, yang juga merupakan tokoh figuran yang tidak terlalu sering muncul. manga ini diterbitkan di Jepang oleh Kodansha. Love Hina bercerita tentang Urashima Keitaro yang berusaha untuk lulus ujian masuk Universitas Tokyo karena ingin mewujudkan janji masa kecilnya. Secara tidak terduga, Keitaro menjadi manajer di Hinata Sō, sebuah penginapan yang telah menjadi asrama putri (dalam budaya Indonesia, lebih tepat disebut kost putri).

Cerita ini bergenre komedi romantis ini menggambarkan tentang seorang pria yang tinggal satu atap dengan banyak gadis. Love Hina pun dikenal dengan meletakkan unsur humor menggunakan logika yang sangat tidak masuk akal, seperti mecha milik Kaolla Suu, dan kura-kura terbang.

Di Indonesia, manga ini dikenal lewat versi "bajakannya" oleh Dragon Productions. Di samping itu, versi anime-nya pernah ditayangkan di Trans TV sebanyak 6 episode pada pertengahan tahun 2004. Pada awal 2007, persyarikatan Megindo menerbitkan versi legal dari manga ini, bekerjasama dengan Acolyte Comics untuk pelesenan wilayah Indonesia.

Karakter
* Urashima Keitaro (浦島 景太郎) - Tokoh utama pria dalam Love Hina. Mengalami tiga kali gagal dalam Ujian Masuk Universitas Tokyo dan terus mencoba pantang menyerah dan di pertengahan ia berhasil masuk Tokyo U bersama-sama Naru dan Otohime walupun begitu ia akan menjadi asisten Seta yang membuatnya berkeliling dunia meninggalkan naru , tetapi di petualangannya bersama Seta ia akan di ajarkan Karate , Memasak.Keitarou Menjadi manejer di Hinata Sō atas permintaan neneknya. Keberuntungannya yang buruk menyebabkan Keitaro sering berada di posisi yang sulit, sehingga sering kali mendapat pukulan atau tendangan dari Naru.Walau begitu banyak wanita di hinata Sō yang menyukainya di pertengahan seperti Shinobu , Motoko , Naru , ada pula yang di luar Hinata Sō seperti Otohime

* Narusegawa Naru (成瀬川なる) - gadis manis tapi bertemperamen mudah marah. Naru menempati kamar 304. Naru memiliki cacat mata yang parah, sehingga harus menggunakan kacamata tebal untuk melihat sesuatu, tetapi pada akhir seri, di ceritakan Naru sudah menggunakan lensa kontak sehingga perbandingan gambar naru yang berkacamata pada awal dan akhir seri jauh berkurang. Naru diceritakan sangat cerdas, pada awal seri, Naru menduduki peringkat pertama dalam ujian masuk percobaan (dalam budaya Indonesia lebih dikenal istilah Try-out Nasional). Oleh Ken Akamatsu, Naru digambarkan sebagai gadis seusia SMU yang memiliki badan yang telah matang, sehingga sering kali dijadikan sebagai objek ecchi oleh banyak pihak. Naru juga memiliki ilmu bela diri, dan itu diajarkan oleh Seta-san. Walaupun masih dasar, tapi selalu ampuh untuk menghajar Keitarou , walupun begitu Naru sangat gampang cemburu dengan wanita lain yang dekat keitarou walaupun mereka belum punya hubungan apa-apa.

* Otohime Mutsumi (乙姫 むつみ) - adalah gadis yang sangat lembut, rapuh, ceroboh, dan bertuturkata lembut. Otohime tinggal di Okinawa. Keitaro dan naru berjumpa dengan Otohime pada saat berlibur setelah mereka gagal menempuh ujian masuk. Seperti halnya Keitaro, Mutsumi juga telah gagal mengulang ujian masuk Universitas Tokyo sebanyak tiga kali tetapi hanya karna masalah sepele sepert lupa memberi nama pada lembar jawab. Dalam Love Hina, Otohime diceritakan berusia paling tua diantara Keitaro dan Naru.

* Maehara Shinobu' (前原 しのぶ) - seorang gadis usia SMP yang pintar memasak dan mengurus rumah. Shinobu tinggal di kamar 201 , awal ia ke Hinata Sō karna perceraian orang tuanya yang menyebabkan ia memilih tinggal di Hinata Sō , selain itu ia sangat suka dengan Keitarou karna sifatnya yang baik , Shinobu sering memanggil Keitarou dengan sebutan Senpai (memiliki kesamaan makna dengan kakak). Shinobu merupakan penghuni termuda di Hinata Sō.

* Aoyama Motoko (青山 素子) - seorang gadis usia SMU yang sangat serius dan sangat kuat dalam Kendo tetapi sangat takut dengan kura-kura karna trauma masa kecil karna melihat roh jahat berbentuk kura-kura yang kuat tetapi berhasil di bunuh oleh kakaknya. Motoko tinggal di kamar 204. Motoko sukar untuk berinteraksi dengan orang-orang, terutama pria tetapi pada saat-saat pertengahan ia berkeinginan masuk Tokyo U agar dapat dekat dengan Keitarou. Dalam Love Hina, Motoko adalah karakter yang paling berkembang. Pada akhir seri, Motoko diceritkan telah jauh berubah dibandingkan kondisinya pada awal seri.

* Kaolla Suu (カオラ ・スゥ) - gadis asing usia SMP. Kaolla tinggal di kamar 301. Kaolla diceritakan sebagai gadis yang sangat pakar dalam teknologi. Dalam Love Hina, Kaolla digambarkan sebagai karakter yang unik dan diluar logika biasa. Sebagai contoh, kamar Kaolla yang di tata layaknya mirip hutan belantara lengkap dengan binatannya. Kaolla dapat membuat robot kecil, altileri bahkan mecha hanya dalam waktu sekejap. dan juga, apabila Kaolla menatap bulan purnama yang berwarna merah, Kaolla akan berubah menjadi gadis dewasa yang manis. Sangat bertentangan dengan sifatnya yang urakan, suka menendang orang ( ini salah satu hal yang sering membuat Keitarou tak sengaja memegang dada Naru atau yang lain ), dan memakan segalanya.

* Konno Mitsune (紺野 みつね), - sering juga dipanggil Kitsune yang berarti rubah, gadis yang dua tahun lebih tua dari Naru ini berpenampilan sangat dewasa. Pekerjaannya sebagai penulis lepas dan senang sekali minum minuman keras. Sifatnya yang mewah dan materialistis membuat kamar 205 yang di tempatinya tampak elegan. Nama Kitsune digunakan karena Mitsune digambarkan mirip dengan karakter rubah pada budaya Jepang. Mitsune dan Naru bersekolah di SMU yang sama dan keduanya juga sama sama pernah jatuh hati dengan Seta. Kitsune selalu mencoba memperbaiki hubungan antara Naru dan Keitarou. Ia bahkan selalu mencoba membuat mereka dalam situasi agar berkata jujur. Walau demikian akhirnya keduanya (Keitarou dan Naru) akhirnya berkata jujur dengan sendirinya.

* Urashima Haruka (浦島 はるか) - Haruka adalah Bibi Keitaro. Haruka membuka kedai minuman di dekat Hinata Sō. Sebelum kehadiran Keitaro, Haruka adalah manejer Hinata Sō. Walaupun Haruka adalah wanita paling tua dalam lingkungan Hinata Sō, tapi ia enggan, bahkan marah, jika dipanggil Bibi (Obasan dalam budaya Jepang, memiliki makna sebutan untuk wanita setengah baya). Haruka dalam LoveHina digambarkan sebagai wanita yang keras, hampir ditiap kemunculannya selalu tampak rokok terselip dimulutnya. Memiliki hubungan yang aneh dengan Seta.

* Seta Noriyasu (瀬田 記康) - lulusan Universitas Tokyo dan seorang profesor di bidang Arkeologi. Sering berpergian ke tempat-tempat aneh. Cara mengendarakan mobilnya yang ceroboh menyebabkan Seta sering sekali cedera. Seta juga yang menginspirasikan Keitaro untuk menjadi arkeolog,selain itu Seta mempunyai ilmu Karate yang hebat bahkan Motoko yang bersenjatakan pedang katana sering kesusahan menghadapinya walupun Seta hanya bertarung dengan tangan kosong

* Sakata Kentarou-teman satu kelas Naru yang pada awal kemunculannya menyukai Naru, tapi kemudian menyerah. Kentarou kerap kali muncul dengan mengendarai mecha atau mobil sport, tetapi bekerja paruh waktu di kedai Haruka. Dia adalah orang yang penuh perhitungan, tetapi memiliki kebiasaan hura-hura seperti Mitsune.

Alur cerita Komik dan serial tv berbeda contoh : di komik semua penghuni sudah ada lengkap , sedangkan di serial tv tidak langsung lengkap

5 comments:

U-san said...

Ini ada unsur ecchi-nya ya?
Ato hentai? Hehe
hmm..di indonesia udah keluar 3 seri kan?
Anime ato manganya dah tamat blum sich?

H-FiZ said...

AHAHAHaH!!!! KEREN BANGET NI MANGA/ANIME!!!

Ko ga nglanjut yah, komik indonya??

[A]gito said...

@U-san : cuma ecchi.. hanya saja sering dijadiin hentai ma manga-ka yang lain.. doujinshi itu maksudnya.. kayaknya lebih dari 3 seri deh U-san.. 5 lebih ada.. kalo anime ma manganya belum tamat sepertinya.. yang agito tau ci gitu.. ^_^..

@H-FiZ : keren karena ecchi'a ato gimana hayo..

maksudnya apa yang ga' nglanjut ci ?.. ^_^..

Sendal Jepit said...

wedew love hina ya, kocak ni komiknya

[A]gito said...

@Sendal Jepit : suka manga ini yah, agito juga suka.. ^_^. actually all manga agito suka..

Copyright © 2009 - Manga Maniac - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template