Eyeshield 21

Eyeshield 21 adalah manga dan anime karya Inagaki Riichiro dan Murata Yuusuke yang bercerita tentang seorang sekelompok murid SMA yang berada di sebuah klub sepak bola Amerika di sekolahnya. Eyeshield 21 pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha dalam majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan Real Comics.

Eyeshield 21 terbitan Elex Media Komputindo sekarang baru mencapai volume 22. Sedangkan di Jepang pada majalah Shonen Jump sudah mencapai Chapter 315th Down dengan cerita persiapan tim Jepang sebelum menghadapi tim Amerika pada kejuaraan american football dunia untuk remaja.

Plot
Awalnya manga ini menceritakan tentang dua pemuda pemain sepak bola amerika yang berada di satu sekolah.Kedua pemuda ini mempunyai kemampuan yang berbeda, yang satu keahliannya di bidang tenaga dan yang satu lagi mempunyai keahlian di bidang teknik. Kedua pemuda ini mempunyai impian yaitu bermain di stadion nasional Jepang dan menjadi juara di tingkat nasional. Akan tetapi, mereka berdua tidak mempunyai tim yang lengkap untuk bermain sebagai tim yang utuh . Untuk mengatasi itu, salah satu pemuda itu mempunyai ide untuk membuat klub sepak bola amerika di sekolahnya. Akhirnya, klub itu terwujud.

Akan tetapi, pada tahun pertama, klub itu kurang diminati oleh para murid di sekolahnya,yang akhirnya membuat mereka gagal ke liga nasional. Di tahun kedua,mereka pun mencoba mencari pemain yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka pun menemukan pemain yang mereka idamkan selama ini. Dia dijuluki "Eyeshield 21" karena dia memakai pelindung mata pada pelindung kepalanya untuk mencegah identitasnya diketahui oleh orang lain (terutama Mamori), dan perjalanan panjang pun dimulai dari sini.

Tokoh
Tim Deimon Devil Bats (泥門デビルバッツ)
* Kobayakawa Sena (小早川瀬那, Kobayakawa Sena) Pengisi Suara : Miyu Irino
Sena adalah seorang murid SMA Deimon yang lemah. Sejak SD, Sena sudah dijadikan budak oleh teman-temannya. Sena juga memiliki teman masa kecil bernama Anezaki Mamori (姉崎まもり, Anezaki Mamori) yang selalu melindunginya jika diganggu oleh anak lain. Walaupun begitu, Sena menjadi memiliki kaki yang (amat) cepat karena sering berlari. Lalu suatu saat, ketika Sena berhasil lulus tes masuk, ia di jebak Hiruma untuk mendapatkan alamat rumahnya, lalu memasukkan banyak brosur klub sepak bola Amerika di rumahnya. Tapi, yang membuat dia menjadi tertarik ingin masuk klub karena dia ingin menjadi syumu (sekretaris klub) tersebut. Tapi, lama-kelamaan dia akhirnya bersemangat menjadi seorang pemain juga. Saat SD, Sena sudah dijadikan budak oleh teman-temannya. Yang menyelamatkan dia adalah Kaitani Riku, teman sekelasnya. Riku mempunyai kaki yang cepat dan dialah yang mengajarkan Sena cara lari cepat agar Sena tidak diganggu lagi oleh teman-temannya. Tapi, Sena malah menggunakan kemampuan larinya supaya lebih cepat saat disuruh-suruh. Sayangnya, Riku hanya 2 minggu sekelas dengan Sena karena orang tuanya pindah kerja. Tapi ia akan bertemu Sena lagi dalam posisi sebagai runnerback Seibu Wild Gunmans. Ia melatih kecepatan kakinya dengan teknik lari yang diajarkan Riku, selama 6 tahun, sehingga kecepatan larinya makin cepat.

Statistik:
1. Rekor lari 40 yard: 4.1 detik, sementara kecepatan normalnya 5 detik.
2. Bench Press: 10 kg, 40 kg di vol. 5, dan 45 kg in di. 10
3. Posisi: Running Back / Sekretaris Klub
4. Nomor Pemain: 21
5. Kelas 1 SMA


* Yoichi Hiruma (蛭魔 妖一, Hiruma Yōichi) Pengisi Suara : Atsushi Tamura
Hiruma adalah kapten tim sepak bola Amerika ini. Dia memiliki telinga yang lancip dan gigi-gigi yang tajam dan menyerupai setan. Dia juga selalu membawa senjata-senjata api kemana-mana. Dia adalah seorang yang licik dan kejam. Dia juga selalu memanfaatkan kelemahan orang lain demi mencapai keinginannya. Hiruma memiliki buku saku yang bernama "Buku Ancaman". Buku tersebut berisi rahasia-rahasia pribadi milik banyak orang. Dia menggunakannya untuk mengancam orang yang tidak mau menurutinya. Dulu tim Devil Bats ini hanya berisikan 3 orang saja, yaitu: Hiruma, Kurita, dan Musashi. Ketika bertanding, mereka selalu meminta bantuan dari klub lain. Lalu, pada akhirnya, Musashi keluar dari Deimon. Sehingga Devil Bats hanya berisi 2 orang saja. Maka dari itu, Hiruma dan Kurita selalu berusaha mendapatkan pemain, bagaimanapun caranya. Hiruma sangat JENIUS dan juga merupakan murid terpintar di SMA Deimon, bersama Anezaki Mamori dan Yukimitsu Manabu, meski itu masih agak misteri. Hiruma dan Agon dari tim Shinryuji Naga adalah musuh bebuyutan. Hiruma tampak sangat membenci Agon karena Agon telah membuat Kurita tidak diterima di Shinryuji. Pada awalnya, Hiruma, Musashi dan Kurita ingin masuk SMA Shinryuji yang klub American Football-nya sangat kuat. Musashi dan Hiruma berhasil lulus tes masuk SMA Shinryuji tetapi Kurita yang paling bodoh di antara mereka terpaksa tidak mengikuti tes, tetapi tes dalam bidang olahraga. Seharusnya Kurita bisa lulus, tetapi Agon malah memilih mengikuti tes bidang olahraga karena dia tidak suka orang seperti Kurita sehingga Kurita gagal. Hiruma adalah tokoh yang paling misterius di cerita ini karena sama sekali tidak ada keterangan apapun kecuali namanya. Dia juga sangat kasar sehingga selalu memanggil nama orang dengan tambahan "sialan". Misal untuk Sena dan Monta adalah cebol sialan, Mamori adalah manajer sialan dan Kurita adalah babi/gendut bodoh. Meski tentang keluarga Hiruma sama sekali tidak diketahui, namun sepertinya hubungan Hiruma dan ayahnya (yang belakangan diketahui bernama Yuuya Hiruma) tidak baik. Sebab ketika ayah Hiruma meneleponnya (Hiruma tidak tahu, hpnya dalam keadaan voice mail, yang mendengar adalah Mamori) dia berkata, "Apa ini Youichi? Ayah menonton pertandinganmu dan ayah mengucapkan selamat karena kamu berhasil menang..Ayah tahu kamu masih membenci Ayah dan bahkan kamu tidak mau mengangkat telepon dariku..". Hiruma merupakan quarter back jenius dengan pass andalannya Devil Laser Bullet yang super cepat dan hanya bisa ditangkap oleh catcher-catcher kelas satu.

Statistik:
1. Rekor lari 40 yard: 5.1 detik (vol. 1 & vol. 23)
2. Bench Press: 75 kg
3. Posisi: Quarterback
4. Nomor Pemain : 1
5. Kelas 2 SMA


* Ryokan Kurita 栗田 良寛 Kurita Ryōkan Pengisi Suara : Kouichi Nagano
Kurita adalah teman dari Hiruma. Dia adalah pemain terbesar dan terberat di Deimon Devil Bats. Ayah Kurita adalah seorang pengawas aliran Budha Morenshu. Karena menurutnya biksu masa depan harus dibesarkan menjadi kuat, ia jadi memberi Kurita makanan yang berlebihan. Kurita memang teman dari Hiruma, tetapi dia orang yang sangat baik. Saking baiknya, di versi anime dia tidak pernah menggunakan kekuatan aslinya sampai Onihei kesal padanya dan mengajarkan bahwa sebagai seorang Line dia tidak boleh merasa kasihan pada lawannya. Kurita orangnya agak pesimistis dan penakut bila akan bertanding namun bila sudah di lapangan dia akan berubah sebagai lineman yang hebat. Kurita merupakan lineman terbaik di Turnamen Musim Gugur, sedangkan Sena sebagai running back terbaik.

Statistik:
1. Rekor lari 40 yard: 6.5 seconds
2. Bench Press: 160 kg
3. Posisi: Lineman
4. Nomor Pemain: 77
5. Kelas 2 SMA


* Anezaki Mamori 姉崎まもり Anezaki Mamori Pengisi Suara : Aya Hirano
Anezaki Mamori adalah teman sejak kecil Sena. Dia selalu melindungi Sena dari kenakalan teman-temannya. Paling sering bertengkar dengan Hiruma, manajer Devil Bats ini sangat suka ngemil kue sus sehingga sering diejek Hiruma soal makannya yang banyak (terbatas cuma untuk kue sus, dia mendapat peringkat pertama tokoh yang makan paling banyak di Eyeshield 21). Mamori merupakan blasteran Amerika-Jepang dan seperempat Amerika, karena itu rambutnya cokelat dan matanya biru karena neneknya adalah orang Amerika.

Awalnya Mamori tidak tahu kalau Sena adalah Eyeshield 21, makanya dia selalu melarang Sena melakukan latihan ala spartan dengan anggota lainnya. Mamori sangat over protective terhadap Sena, karena dianggapnya Sena itu lemah, tapi setelah tahu bahwa Sena adalah Eyeshield 21, akhirnya Mamori menyesal dan tidak terlalu mengekang Sena untuk melakukan apa yang diinginkannya. Mamori adalah anggota komite disiplin yang sangat pandai dan cantik sehingga populer di kalangan anak laki-laki di SMA Deimon. Bahkan Monta, Satake, dan Yamaoka suka dengannya. Selain itu, beberapa cowok dari Shinryuji Naga seperti Agon dan Ikyuu juga tertarik padanya. Kata favorit Mamori adalah "Sena wo ijime naide!!" (Jangan ganggu Sena!). Mamori ini hampir sempurna kalau dia tidak parah dalam seni rupa hingga gambarnya jelek sejelek anak SD. Setelah mengetahui Sena adalah Eyeshield, Mamori memotong rambutnya dan berkata ia hanya ingin mengganti sudut pandangnya selama ini.

Walaupun sering bertengkar dengan Hiruma, Mamori sering menunjukkan sikap lembut pada Hiruma dan tanpa sadar sudah menjadi orang yang dekat dengan Hiruma selain Musashi dan Kurita.

Senjata Rahasia :

1. Kode Rahasia : Mamori mempelajari kode rahasia untuk mengirim taktik dari bangku pemain, biasanya dia mengunakan ini bersama Hiruma supaya lawannya tidak mengerti taktik apa yang diberikan olehnya.

Statistik :
Bench Press : 20 kg
Posisi : Manager tim
Kelas : 2 SMA


* Taki Suzuna
Suzuna adalah kapten tim cheerleader Deimon Devil Bats. Orangnya ceria, berisik, dan sangat manis. Meskipun dia sering diejek oleh yang lainnya karena dia kalah seksi dengan cheerleader Deimon lainnya, namun Suzuna ini sangat lincah dan pandai memainkan rollerblade sehingga dia selalu memakainya kemana-mana. Di anime dia diperkenalkan pada episode 22-23 yaitu pada awal episode. Namun di komik dia baru diperkenalkan pada volume 10 saat Sena tersesat di Amerika. Suzuna sangat benci dipanggil dengan marganya, Taki. Makanya dia selalu melarang Sena memanggilnya Taki-san (-san merupakan akhiran tanda hormat) meski awalnya Sena selalu malu-malu memanggilnya Suzuna, akhirnya Sena terbiasa juga. Suzuna mempunyai kebiasaan memberikan nama panggilan aneh kepada teman-temannya, seperti pada Monta (=MonMon), Mamori (=Mamo-nee), dan Hiruma (=You-nii) sehingga Monta dan Sena selalu khawatir pada keselamatan nyawa Suzuna. Suzuna tidak pernah pacaran, namun dia sangat tertarik pada masalah cinta orang lain, terutama pada Mamori. Suzuna sering bertengkar dengan Monta karena Monta sangat sebal dengan sifat Suzuna yang blak-blakan. Dia pernah salah mengira Suzuna dan Sena sedang ciuman di komik bonus peringatan 100th Down, padahal saat itu Suzuna sedang memaksa Mamori memakai seragam Eyeshield. Suzuna punya kakak yang bodoh bernama Taki Natsuhiko. Alasan bahwa Suzuna benci dipanggil Taki adalah karena mirip nama kakaknya.

* Raimon Tarou aka. Monta Pengisi Suara : Kappei Yamaguchi
Raimon, yang biasa dipanggil Monta adalah pemain No. 80 di Deimon Devil Bats dengan posisi receiver. Awalnya Monta adalah anggota klub baseball tapi karena keahliannya cuma catching, dia cuma mendapat posisi di tim tiga. Setelah dibujuk Sena, dan tipuan dari Hiruma karena ia tahu Monta menyukai Mamori sehingga ia bilang bahwa Eyeshield 21 adalah orang jahat yang cuma mamanfaatkan Mamori, jadi ia bilang pada Monta agar masuk klub untuk menyelamatkan Mamori. Monta sangat kesal dipanggil Monta tapi setelah diberitahu Hiruma bahwa nama itu diambil dari nama Joe Montana Monta akhirnya tidak keberatan. Monta sangat menyukai Mamori, dan selalu berusaha menarik perhatiannya walaupun selalu berakhir tragis.

Statistik:
1. Rekor Lari 40 yard: 5.0 seconds
2. Bench Press: 40 kg
3. Posisi: Wide Receiver
4. Nomor Pemain: 80
5. Kelas 1 SMA


* Takekura Gen aka. Musashi
Musashi yang mukanya seperti orang tuanya ini adalah kicker hebat yang dijuluk 60 Yard-Magnum meski cuma akal-akalan Hiruma. Musashi terpaksa keluar dari tim karena harus menjalankan usaha kontraktor keluarganya karena ayah Musashi sakit parah. Saat itu juga Musashi juga keluar dari tim dan SMA Deimon. Namun pada pertandingan melwan Seibu Wild Gunmans, akhirnya ia kembali masuk Deimon Devil Bats. Sebenarnya Musashi masih ingin bermain American Football dengan Hiruma dan Kurita, namun ia terpaksa berhenti. Ia kembali setelah dipukul ayahnya agar Musashi jujur pada diri sendiri. Musashi dipanggil demikan karena kanji Takekura bisa dibaca Musashi.

Statistik:
1.Rekor Lari 40 yard: 5.6 seconds
2.Bench Press: 90 kg
3.Posisi: Kicker
4.Nomor Pemain: 11
5.Kelas 2 SMA


* Taki Natsuhiko
Baru muncul di volume 10, kakak Suzuna yang sangat bodoh tetapi sangat pintar dalam segala hal yang berhubungan dengan american football ini sangat gemar mengucapkan "AHA-HA~" dan menjuluki dirinya sebagai jenius. Sena bertemu dengannya saat ujian masuk pemain San Antonio Armadillos di Amerika. Natsuhiko tidak lulus, malah Sena yang lulus, tapi ia pergi sebelum namanya diumumkan. Natsuhiko orangnya tidak mau kalah, dan sangat dibenci oleh tiga bersaudara Ha Ha dan Monta karena sering sok akrab pada Mamori pula. Natsuhiko sering tersesat karena terlalu pede kalau naik bis, ia pasti tersasar entah ke Nagano atau daerah lain yang jauh. Tetapi tubuhnya sangat lentur.

Statistik:
1.Rekor Lari 40 yard: 5.1 sec
2.Bench Press: 90 kg
3.Posisi: Tight-End
4.Nomor Pemain: 37
5.Kelas 2 SMA


* Yukimitsu Manabu
Yukimitsu adalah murid yang sangat pintar. Dia juga sangat rajin. Dia rajin pula latihan di klub karena ia yang paling lambat (no.2 setelah Kurita) di klub. Sebenarnya dia gagal pada tes masuk klub, tapi karena Hiruma terkesan padanya yang sudah bersusah payah setengah mati, akhirnya ia "diluluskan" oleh Hiruma. Dia sudah kelas dua, namun tetap ikut klub karena ia tidak ingin menyianyiakan masa mudanya hanya dengan belajar. Sejak kecil, Yukimitsu selalu dipaksa ibunya untuk belajar dan tidak boleh ikut klub. Setelah melihat penampilan Eyeshield 21, ia menjadi kagum dan memutuskan untuk ikut klub. Ia menyesal kenapa tidak ikut klub setahun lebih cepat karena ia tidak masuk tim reguler saat turnamen musim gugur. Ia baru masuk pada "Turnamen Kanto" saat melawan Shinryuuji Naga dan berhasil mencetak satu touch down melawan Agon dengan posisi receiver. Walaupun fisiknya tidak menunjang, tetapi kemampuannya membaca permainan dan posisi lawan (hasil dari mempelajari rekaman pertandingan sebelumnya) dan semangatnya yang luar biasa, membuat semua yang meremehkannya (Agon, Ikkyu) harus membayar mahal.

Statistik:
1. Rekor Lari 40 yard: 5.6 detik
2. Bench Press: Tidak diketahui
3. Posisi: Wide Receiver
4. Nomor Pemain: 16
5. Kelas 2 SMA


* 3 Bersaudara Ha Ha
3 Bersaudara Ha Ha terdiri dari: Juumonji Kazuki, Kuroki Koji, dan Toganou Shouzou. Kenapa mereka disebut 3 Bersaudara Ha Ha? Sebab kalau ada apa-apa mereka pasti bilang: Toganou: HA?; Juumonji: HAA?; Kuroki: HAAAH?!. Mereka djuluki demikian oleh Hiruma meski mereka tidak ada hubungan saudara. Mereka sudah berteman sejak SMP. Dari dulu mereka adalah berandalan namun pada akhirnya mereka merasa diakui setelah bermain American Football di Devil Bats dan mulai bertambah serius. Posisi mereka bertiga adalah lineman. Awalnya mereka selalu menjahili Sena, tetapi setelah diancam Hiruma dan mengetahui Sena adalah Eyeshield 21, mereka menjadi baik pada Sena. Juumonji adalah yang paling normal diantara mereka bertiga, dan dijuluki "kakak" oleh dua sahabatnya itu. Toganou sangat suka membaca manga serta membawanya kemana-mana, sedangkan Kuroki sangat pandai main video games.

Statistik:
1.Rekor Lari 40 yard:
*Juumonji: 5.5 detik
*Kuroki: 5.1 detik
*Togano: 5.5 detik
2.Posisi:
*Juumonji: Defensive End
*Kuroki: Linebacker
*Togano: Defensive End
3.Bench press: 65 kg, 85 kg
4.Nomor Pemain:
*Juumonji: 51
*Kuroki: 52
*Togano: 53
5.Kelas 1 SMA


* Komusubi Daikichi
Cowok kuat pendek dengan hidung merah ini merupakan murid Kurita. Ayahnya seorang pekerja pemindahan rumah. Walaupun kuat, Komusubi sering merasa minder dengan tubuhnya, apalagi ketika ia akan mengahdapi Mizumachi dari Kyoshin Poseidon. Namun ia berhasil membuktikan kalau tinggi badan bukan masalah. Kata-katanya sering tidak dimengerti karena ia selalu menggunakan bahasa powerful.

* Shin Seijirou
Murid kelas dua SMU Ojou ini adalah rival dari sena. terkenal dengan spear tackle(belakangan berkembang menjadi trident tackle)-nya yang sangat kuat yang dapat menghentikan runner-runner dari tim lawan. Shin adalah salah satu tokoh terkuat dalam cerita ini, karena sifatnya yang selalu bekerja keras dan kemampuan alaminya sebagai jenius american football.

Musik

Lagu pembuka
1. BREAKTHROUGH oleh Coming Century
2. Innocence oleh 20th Century
3. Dang Dang oleh ZZ
4. Blaze Line oleh BACK ON
5. Hanno no Runningback oleh SHORT LEG SUMMER

Lagu penutup
1. Be Free oleh Rikkenzu
2. Blaze Away oleh The TRAX
3. GOAL oleh Arashiro Beni
4. RUN TO WIN! oleh Sena, Monta, Kurita dan Mamori
5. a day dreaming... oleh BACK ON
6. Flower oleh BACK-ON
7. Song Of Power oleh SHORT LEG SUMMER

Insert Song
1. Be Survivor oleh ZZ
2. Chain of Power oleh Deimon Devil Bats
3. MIDNIGHT SUNSHINE oleh Ojou White Knights
4. Chain Of Power oleh V6

Tim - Tim Lain

1. Ojou White Knights dikenal sebagai tim dengan pertahanan terkuat. dengan Shin Seijirou sebagai salah satu kunci pertahanan.
2. Seibu Wild Gunmans merupakan tim dengan gaya menyerang shotgun, yaitu formasi yang menggunakan banyak receiver sekaligus. Sangat efektif karena lemparan supercepat dari Kid sang quarter back.
3. Shinryuji Naga merupakan tim terkuat wilayah kanto(sebelum dikalahkan deimon devil bats)yang langganan ikut christmas bowl. dengan Agon dan Ikkyu sebagai pemain andalan dan formasi dragon fly yang sulit ditebak.
4. Hakushuu Dinosaurs tim yang lolos ke turnamen kanto dengan cara menghancurkan semua quarter back lawan. dengan Gaou Rikiya sebagai line yang sangat kuat.
5. Taiyo Sphinx merupakan tim terberat di Jepang, dengan barisan line yang kuat dan Banba sebagai pusatnya.
6. Teikoku Alexanders tim terkuat di Jepang, langganan juara christmas bowl. dengan Yamato Takeru(the real eyeshield 21) dan Taka(anak dari Honjou Taka sang receiver baseball legendaris)sebagai bintangnya.
7. Zokugaku Chameleons
8. Kyoshin Poseidon
9. Bando Spider
10. NASA Aliens Merubah Nama Menjadi NASA Saturnus Setelah Melawan Deimon Devil Bat Pertama kali

2 comments:

Anonymous said...

isun seneng pisan karo kartun eyeshield21 asale ana hiruma_e GUANTENG PISAN REK!!!!!!!!!!!!!!! iaun berharap HIRUMA bakal kawin karo ISUN!!!!!!!!!!!!!doakan isun yua...............

achmad ardiansyah said...

Sip lah

Copyright © 2009 - Manga Maniac - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template