Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura (カードキャプターさくら kādo kyaputā sakura), juga dikenal Card Captor Sakura (dengan spasi) dan seringkali cukup disingkat menjadi CCS, atau biasa disebut Sakura Si Penangkap Kartu, ialah manga dan anime karya CLAMP.Cardcaptor Sakura diterbitkan di Jepang oleh Kodansha dan dijadikan suatu serial oleh Nakayoshi. Serial tersebut terdiri dari dua belas volume. Serial itu memenangkan Seiun Award untuk kategori manga terbaik tahun 2001.

Seri anime di televisi (1998-2000) diambil berdasarkan manga yang terdiri dari 70 episode berdurasi 30 menit (yang dibagi dalam tiga season), dua film dijadikan layar lebar, dan beberapa edisi spesial. Season kedua dari serial TV menjuarai penghargaan Animage Anime Grand Prix pada tahun 1999. Nelvana memproduksi sebuah serial anime berbahasa Inggris, yang berjudul Cardcaptors yang disiarkan di negara-negara yang menggunakan percakapan Bahasa Inggris. Suatu pemeriksaan penerjemahan Bahasa Inggris menyatakan judul asli Cardcaptor Sakura disiarkan dalam jaringan berbahasa Inggris oleh jaringan televisi anime, Animax. Cardcaptor Sakura juga telah diresmikan di negara-negara berbahasa Inggris dalam suatu pemeriksaan dan judul tambahannya dalam DVD dari judul aslinya. Di Indonesia anime ini ditayangkan di TPI dan RCTI.

Untuk wilayah penyiaran Amerika Utara dan Inggris, anime ini diberi label Cardcaptors dengan perbedaan jumlah dan susunan episode.

Sebagai kemajuan serial, ada suatu pola khayalan dan mimpi yang tidak biasa. Seperti Magic Knight Rayearth, salah satu pekerjaan Clamp sebelumnya, Cardcaptor Sakura adalah corak baru dalam aliran lama.

Banyak karakter dalam Carcaptor Sakura juga mirip seperti dalam salah satu serial manga Clamp terdahulu, Tsubasa: Reservoir Chronicle, yang telah diadaptasi dalam anime.

Sinopsis
Animasi ini berkisah tentang Sakura Kinomoto, yang dalam versi animasinya, dikisahkan secara tidak sengaja membuka sebuah buku berisi Clow Card. Saat buku itu terbuka, semua kartu-kartu ciptaan Clow Reed sebanyak 52 lembar (17 lembar dalam manga) berhamburan ke seluruh penjuru kota Tomoeda. Adalah tugas dari Sakura untuk mengumpulkan kembali kartu-kartu itu dibantu makhluk bernama Cerberus, yang muncul bersamaan saat buku itu terbuka.

Dalam perjalanannya, Sakura ditemani oleh:

* Tomoyo Daidouji, yang selalu mengambil gambar Sakura saat menyegel kartu Clow.
* Li Syaoran yang pada awalnya bersaing dengan Sakura dalam mengumpulkan Clow Card, namun akhirnya justru jatuh cinta dengan Sakura.

Pada sesi pertama dan kedua anime ini, kisah masih seputar bagaimana Sakura mengumpulkan seluruh kartu Clow yang terpencar. Sebagian kartu yang disegel oleh Sakura menjadi milik Sakura atau Syaoran, tergantung siapa yang berhasil mengalahkan kartu tersebut. Pada akhir sesi, terjadi pertarungan untuk menentukan pemilik baru dari kartu dan kedua penjaga kartu tersebut, yakni Yue yang memiliki wujud sementara Yukito, dan Cerberus yang dalam versi Indonesia disebut Kero.

Sesi ketiga anime ini berlanjut dengan usaha Sakura untuk mengubah kartu Clow menjadi kartu Sakura yang baru, setelah ia ditetapkan sebagai pemilik baru. Intrik pun berlanjut, seperti kemunculan murid Eriol Hiiragizawa yang merupakan sebagian reinkarnasi Clow Reed, dan juga Syaoran yang selalu berusaha untuk mengungkapkan perasaannya pada Sakura.

Manga dan Anime
Buku yang diterbitkan terdiri dari 12 buah, dan seri anime berjumlah 70 episode dalam durasi 30 menit. Di Indonesia, seri ini ditayangkan oleh RCTI sebanyak 70 episode dengan translasi bahasa Indonesia selama 3 sesi. Bukunya diterbitkan oleh Elex Media Komputindo sejumlah 12 buah dengan format dibalik dengan pembacaan dari kiri ke kanan.

Cardcaptors
Cardcaptors adalah salah satu versi dari anime Cardcaptor Sakura, yang dibuat oleh Nelvana. Seri ini ditayangkan di wilayah Inggris dan Amerika Utara. Terdiri dari 70 episode, dimana Cardcaptors adalah versi khusus yang didesain untuk mengakomodasi pemirsa di Amerika dan Eropa. Hampir setengah dari cerita asli Cardcaptor Sakura dirampingkan, dan membuang berbagai hal yang dirasa "tidak sesuai dengan kebutuhan pemirsa" seperti beberapa adegan shonen-ai, yuri, dan yaoi. Akibatnya, beberapa episode dalam versi asli menjadi hilang atau hanya ditayangkan sebagian saja.

Kenyataannya, episode pertama Cardcaptors dimulai dari episode 8 Cardcaptor Sakura, semata untuk mengakomodasi Li Syaoran agar tampil sebagai salah satu tokoh cerita utama.

Teman & Sahabat
Syaoran
Sakura dan Syaoran adalah teman sejak kelas 4 SD. Awalnya, Syaoran sangat tidak menyukai Sakura, namun pada akhirnya Syaoran menyukai Sakura. Saat itu Sakura belum menyadarinya. Ia baru menyadarinya ketika Syaoran menyatakan perasaannya setelah peristiwa di Tokyo Tower. Sakura kaget mendengar hal itu. Sakura mencoba mencari tahu perasaannya itu pada temannya itu. Sakura baru menyadari perasaannya terhadap Syaoran , ketika Syaoran ingin kembali ke Hongkong. Syaoran membuatkan sebuah boneka beruang untuk Sakura. Setahun kemudian Sakura bertemu kembali dengan Syaoran. Dan sewaktu SMP mereka akhirnya jadian.Sakura sangat kaget ketika syaoran tiba-tiba muncul didepannya dan saat itu sakura yang sangat senang pun berlari dan memeluk syaoran....

Musik
Opening :

* Catch You Catch Me (season 1), oleh : Gumi
* Tobira wo Akete (season 2), oleh : ANZA
* PURACHINA (season 3), oleh : Maaya Sakamoto

Ending :

* Groovy! (season 1), oleh : Kami Hirose
* Honey (season 2), oleh : Chihiro
* Fruits Candy (season 3), oleh : Megumi Kojima

Media
Komik (Manga)
Di Indonesia, komik Cardcaptor Sakura diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo dengan judul Cardcaptor Sakura.

Televisi (Anime)
TPI
TPI menayangkan Cardcaptor Sakura mulai tahun 2000. Serial ini diputar setiap hari Minggu pukul 07.00 WIB (08.00 WITA, 09.00 WIT). Lagu pembukaan dan penutupnya disulih suara ke dalam Bahasa Indonesia.

RCTI
RCTI menayangkan kembali Cardcaptor Sakura mulai tahun 2002. Serial ini diputar setiap hari Minggu pukul 11.00 WIB (12.00 WITA, 13.00 WIT). Lagu pembukaan dan penutupnya tetap menggunakan versi aslinya dalam Bahasa Jepang.

4 comments:

Anonymous said...

wah...sakuranya ceritanya memang bagus mas saya juga suka dari segi gambarnya sangat bagus...

[a]gito said...

@Anonim : iya.. agito juga suka manga ini.. *semua manga malah*.. kamu paling suka karakter apa ?..

- yass yamada - said...

wahhhhhhhhh..
yas jg suka bnged sm anime ini..
suki . suki .

tp yang pas bagian mana ya yg sakura sm syaoran uda SMP??
perasaan terakhir kali, mereka tu kls 6 SD kan???
*yg pas di cardcaptor sakura movie - the sealed card*

Unknown said...

iiih, kesemsem sm yukito-san!!>w<

Copyright © 2009 - Manga Maniac - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template