Resize pictures: mengubah ukuran gambar langsung dari Windows Explorer


Anda punya blog dan suka memasukkan foto-foto yang anda ambil ke dalam blog?

Biasanya foto yang akan dimasukkan ke blog kebanyakan harus diperkecil ukurannya dengan alasan untuk menghemat "tempat" di blog serta mungkin lebih enak dilihat mata. Dan untuk ini, kita biasanya menggunakan aplikasi "images" untuk memperkecil ukuran yang butuh waktu dan sedikit repot.

Tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya hanya untuk memperkecil (resize) foto saja, bisa anda lakukan langsung melalui Windows Explorer (tanpa harus membuka aplikasi apapun)?

Resize Pictures adalah salah satu program tambahan (add-ins) yang disediakan oleh Windows XP untuk memperkecil atau memperbesar foto secara langsung melalui Windows Explorer.

Dengan Resize Pictures, anda cukup meng-highlight foto yang akan diubah ukurannya, lakukan klik kanan dan pilih menu Resize Pictures kemudian pilih ukuran yang diinginkan.

Pengubahan ukuran foto juga bisa dilakukan sekaligus untuk beberapa foto.
Ukuran standar sudah disediakan, seperti Small (640×480), Medium (800×600), Large (1024×768) dan Handheld PC (240×320). Tetapi anda juga bisa memilih ukuran anda sendiri dengan memilih menu CUSTOM.

Di menu yang ada, kita juga bisa memilih apakah gambar yang ukurannya diubah akan "menimpa" file lama atau membuat file baru.

Setelah semuanya sudah dipilih, cukup klik "OK" maka ukuran gambar langsung berubah sesuai dengan keinginan. Mudah kan?
Resize Pictures bisa anda download disini dan ukurannya juga kecil yaitu 520KB saja.

Resize Pictures sendiri merupakan bagian dari aplikasi tambahan yang disebut PowerToys yang banyak memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi pengguna Windows XP.

Semoga bermanfaat!!


Sumber : otakku.com

0 comments:

Copyright © 2009 - Manga Maniac - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template