Doraemon

Doraemon (ドラえもん) adalah judul sebuah manga populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1970 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 4 SD yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

Nobita, setelah gagal dalam ulangan sekolahnya atau setelah diganggu oleh Giant dan Suneo, akan selalu mendatangi Doraemon untuk bantuannya. Doraemon kemudian biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya; peralatan yang sering digunakan misalnya "baling-baling bambu" dan "Pintu ke Mana Saja". Sering kali, Nobita berbuat terlalu jauh dalam menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.

Sejarah
Pada bulan Desember 1969, manga Doraemon terbit berkesinambungan dalam 6 judul majalah bulanan anak. Majalah-majalah tersebut adalah majalah Yoiko (anak baik), Yōchien (taman kanak-kanak), Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD), Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD), dan sejak 1973 majalah Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Cerita yang terkandung dalam majalah-majalah itu berbeda-beda, yang berarti pengarang cerita ini harus menulis lebih dari 6 cerita setiap bulannya. Pada tahun 1979, CoroCoro Comic diluncurkan sebagai majalah Doraemon.

Sejak pertama kali muncul pada tahun 1969, cerita Doraemon telah dikumpulkan dan dibagi ke dalam 45 buku yang dipublikasikan sejak tahun 1974 sampai 1996, dan telah terjual lebih dari 80 juta buku pada tahun 1992. Sebagai tambahan, pada tahun 2005, Shōgakukan menerbitkan sebuah serial tambahan sejumlah 5 jilid dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), dengan cerita yang berbeda dari 45 volume aslinya.

Setting
Doraemon dikirim kembali ke masa kini oleh cicit Nobita, Sewashi, untuk memperbaiki kehidupan Nobita agar keturunannya merasakan kehidupan yang lebih baik. Dalam kehidupan aslinya (tanpa dibantu Doraemon), Nobita gagal dalam pelajaran sekolahnya, gagal dalam karir, dan meninggalkan keluarganya dengan masalah finansial.

Cerita terfokus tentang kehidupan sehari-hari Nobita, tokoh utama cerita ini. Doraemon memiliki sebuah kantung 4 dimensi yang ia isi dengan benda-benda dari masa depan. Seringkali Nobita datang merengek-rengek karena masalah di sekolah atau di lingkungannya, setelah memohon atau memaksa, Doraemon akan mengeluarkan sebuah alat yang membantu Nobita menyelesaikan masalah, membalas dendam, atau hanya sekedar pamer ke teman-temannya.

Bagaimanapun, Nobita biasanya bertindak terlalu jauh, mengacuhkan saran atau perintah Doraemon, dan mengakibatkannya terjerumus ke masalah yang lebih dalam. Terkadang, teman Nobita (biasanya Suneo atau Jaian) mencuri alat tersebut dan berakhir dalam kekacauan karena salah menggunakannya.

Sinopsis
Kehidupan awal Doraemon tidak begitu baik. Ia adalah sebuah robot gagal yang dilelang kepada sebuah keluarga miskin yang terlilit utang, yang tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita. Doraemon pernah menjalani masa-masa berat: Ia hanya menjadi penjaga bayi setelah gagal melewati ujian di akademi robot, kedua telinganya hancur setelah digigit robot tikus, catnya luntur akibat ulahnya sendiri, dan masih banyak kisah sedih yang ia lalui di tahun pertama kelahirannya. Sampai suatu ketika, keluarganya mengirimkan ia kembali ke masa lalu, kira-kira 250 tahun yang lalu, zaman dimana Nobita Nobi, leluhur keluarga ini, masih hidup di Tokyo.

Misi Doraemon adalah untuk menolong Nobi Nobita, buyut dari Sewashi, pemilik doraemon. Nobita adalah seorang anak yang selalu mengalami nasib sial dan tak punya kemampuan apa-apa. Ia bodoh dalam pelajaran sekolah dan tidak bisa berolahraga, Nobita hanya berbakat dalam tembak-menembak dan tidur; kemampuan yang hampir tak berguna di zaman Jepang modern. Inilah alasan mengapa ia gagal menjalani kehidupannya. Dan Doraemon dikirim dari masa depan untuk menjadikannya seorang pria yang sukses. Sangat ironis, sebuah robot gagal datang membantu seorang anak yang gagal. Tetapi pada kenyataannya, persahabatan kedua anak ini membuat mereka menjadi seseorang yang lebih baik.

Doraemon tiba di tahun 1969, pada hari Tahun Baru Jepang. Ia keluar dari laci meja milik Nobita, dan sejak saat itu ia tinggal bersama Nobita, misinya adalah untuk mencegah Nobita menjadi orang gagal. Setiap kali Nobita tertimpa masalah, Doraemon akan segera membantu dengan alat-alat ajaibnya.

Kelihatannya misi Doraemon berhasil, karena ketika mereka menjelajah ke masa depan, Nobita melihat dirinya menikah dengan Shizuka, bukan dengan Jaiko. Dia juga melihat keturunannya hidup dalam kondisi yang lebih baik daripada ketika Sewashi mengirim Doraemon dulu; bahkan keturunan Nobi mampu membeli robot yang "tidak gagal", Dorami.

Diceritakan dalam manga dan serial TV-nya, Doraemon dan Nobita saling bekerja sama untuk memperbaiki kehidupan mereka masing-masing. Mereka saling bekerja sama dan tolong-menolong. Banyak juga cerita yang menampilkan kisah keberanian dan kegigihan mereka untuk mempertahankan persahabatan yang sudah mereka jalin.

Tokoh cerita
Tokoh-tokoh utama

Nobi Nobita, (野比のび太)
Anak kelas 5 SD yang pemalas dan sering diganggu oleh Giant dan teman-temannya. Tidak pandai dalam olahraga dan juga dalam pelajaran sekolah. Walaupun begitu, ia pandai dalam membuat teka-teki dan menembak. Sifatnya yang terlalu baik dan suka menolong terkadang malah menyeretnya ke dalam masalah. Namun separah apapun, pada akhirnya Nobita akan selalu bergembira. Selain membuat teka-teki dan menembak, Nobita juga ahli dalam hal "tidur." Ia mampu tertidur lebih cepat daripada orang lain . Hobinya adalah bermain karet — hobi yang tak lazim untuk anak laki-laki di Jepang — dan mengumpulkan tutup botol. Cita-cita Nobita selalu berganti-ganti, ia pernah ingin menjadi ninja, guru, pilot, dan lain-lain. Namun di masa depan, ia hanya menjadi seorang pegawai kantoran.

Fujimoto, pengarang komik ini, pernah mengatakan, "Nobita sebenarnya bukan tidak bisa berbuat apa-apa, ia hanya malas jika harus bersungguh-sungguh ketika melakukan sesuatu, Karenanya, setiap hari ia selalu bersantai-santai. Tapi kalau memang diperlukan, ia bisa melakukannya dengan bersungguh-sungguh."

Berbeda dengan ibunya, Nobita adalah seorang pecinta binatang. Ia pernah memelihara — dengan sembunyi-sembunyi — berbagai macam hewan mulai dari kucing, anjing, Fuuko si anak angin, sampai seekor gajah Afrika yang terpisah dari induknya.

Dalam komiknya, Nobita diceritakan pernah tinggal di suatu pulau kecil terpencil selama 10 tahun akibat keteledorannya sendiri. Namun tak ceritakan apakah peristiwa tersebut memberikan efek terhadap perilaku atau sifatnya.

Doraemon, (ドラえもん).
Robot kucing berwarna biru dari abad ke-22 yang dikirim ke abad ke-20 untuk menolong Nobita. Lahir pada 3 September 2112. Tinggi badannya 129,3 cm dan berbobot 129,3 kg. Makanan kesukaannya adalah dorayaki. Doraemon sangat menyayangi dan setia kepada Nobita. Seringkali ia menolong Nobita walaupun ia sendiri dalam kesusahan.

Sebenarnya, Doraemon adalah sebuah robot kucing berwarna kuning yang dibuat untuk keperluan rumah tangga keluarga kaya. Sayangnya, sebuah kesalahan terjadi ketika ia menjalani proses produksi. Tak seperti robot kucing lainnya, ia gagal melewati tes sehingga ia dilelang ke keluarga kelas bawah, yang tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita. Doraemon tetap menjadi sebuah robot kucing berwarna kuning hingga suatu hari, ketika ia sedang mengurus bayi keluarga tersebut,sebuah robot tikus menggigit telinganya sampai hancur, sehingga terpaksa diamputasi. Doraemon menangis dan terus menangis, ia mencoba untuk mengembalikan telinganya kembali dengan cairan penumbuh, tetapi ia mengambil cairan yang salah dan akhirnya melunturkan cat ditubuhnya yang semula kuning menjadi warna dasarnya, biru. Ia pun berubah menjadi seperti sekarang ini: sebuah robot kucing berwarna biru, tanpa telinga.

Meskipun gagal dalam proses produksi, Doraemon tetap menjadi sebuah robot canggih yang memiliki alat-alat ajaib yang mampu memecahkan semua masalah. Ia juga pengertian dan memiliki rasa kasih sayang; ketika Nobita menangis dan merengek kepadanya, Doraemon dengan senang hati mendengarkan semua keluhan dan membantunya. Doraemon juga mampu memahami perasaan manusia, baik itu sedih, takut, marah, gembira, simpati, dan lainnya. Ia mempelajarinya, dan bertindak sesuai apa yang ia pelajari; ia dapat berteriak kegirangan, meloncat ketakutan, dan mengangis haru. Singkatnya, ia menjadi sebuah robot yang memiliki perasaan seperti manusia.

Tubuh Doraemon sangat sensitif, ia tak dapat beraktifitas dengan normal jika ia kehilangan suku cadangnya; walaupun hanya sebuah mur. Ia memiliki seorang adik bernama Dorami yang siap menggantikan tugasnya menjaga Nobita ketika ia menjalani servis rutin di masa depan.

Shizuka Minamoto (源静香)
Anak perempuan yang disukai Nobita dan di masa depan akan menikah dengannya walau di masa sekarang ia lebih dekat dengan Dekisugi. Ia selalu membela Nobita jika Nobita dikerjai teman-temannya. Ia juga serius tetapi baik hati, alasannya menikah dengan Nobita pun karena ia tak tega melihat Nobita yang malang dan selalu sial. Kesukannya adalah berendam di air panas dan makan ubi manis bakar (ubi madu). Ia bercita-cita menjadi seorang pramugari. Shizuka juga hobi memainkan Violin, meskipun suara yang dihasilkannya tak jauh berbeda dengan nyanyian Giant.

Takeshi Goda (nama panggilan: Giant, Jaian dalam romaji; 剛田武、ジャイアン)
Seorang pengganggu yang namanya didasarkan pada kata bahasa Inggris giant (raksasa), cepat marah dan sangat senang menyanyi walaupun suaranya kurang memadai. Ia juga sering mengadakan konser atau resital di lapangan dan mengundang semua temannya untuk datang dan mendengarkan, walaupun sebenarnya mereka tidak suka. Cita-citanya adalah menjadi penyanyi dan bisa tampil di televisi. Namun dibalik semua itu, Giant adalah seorang anak kuat yang dapat diandalkan ketika teman-temannya berada dalam kesulitan. Selain memasak dan menyanyi, Giant mempunyai hobi yang ia rahasiakan dari teman-temannya: bermain rumah-rumahan dengan boneka-boneka miliknya.

Suneo Honekawa (骨川スネ夫)
Anak dari keluarga kaya yang sering memamerkan kekayaannya di depan Nobita dan membuat Nobita merengek ke Doraemon agar bisa menyaingi Suneo. Walaupun begitu, Suneo sebenarnya adalah seorang anak yang sangat manja, mudah menyerah, dan penakut. Ia juga seorang narcisist dan sering berbohong untuk menjaga harga dirinya. Teman terdekatnya adalah Giant meskipun sebenarnya ia memendam dendam terhadap Giant yang suka mengambil dan merusak mainannya. Hobinya adalah memandangi cermin, mengumpulkan perangko dan barang antik lainnya, membuat pramodel, membuat foto panorama, dan bermain remote control. Cita-citanya adalah menjadi seorang designer pakaian berkelas.

Suneo memiliki seorang adik laki-laki bernama Sunetsugu. Ia tinggal bersama pamannya di Amerika Serikat dan jarang pulang ke Jepang. Meskipun begitu, Suneo dan Sunetsugu sering berkomunikasi lewat surat. Dalam suratnya, Suneo selalu berbohong untuk membanggakan dirinya; misalnya dengan mengatakan bahwa ia adalah anak yang paling pintar di sekolah, paling kuat di lingkungan, dan disukai banyak perempuan. Suneo juga memiliki sepupu bernama Sunekichi yang sering membuatkan remote control untuknya.

Keluarga Nobita

Ayah Nobita
Nama lengkapnya Nobisuke Nobi, seorang pegawai kantoran yang baik dan penyabar. Ketika muda, ia pernah bercita-cita menjadi seorang pelukis bahkan ia sempat berguru kepada seorang pelukis yang kini terkenal. Ia pandai berolahraga terutama bermain golf tetapi ia sangat bodoh dalam pelajaran sekolah. Ia seorang perokok berat dan kesulitan menghilangkan kebiasaan merokoknya. Sejak lama ia memimpikan untuk memiliki SIM mobil namun selalu gagal mendapatkannya.

Nobisuke selalu mengharapkan Nobita agar tidak menjadi seperti dirinya; seorang pekerja kantoran dan gagal dalam melakukan apapun. Ia sering membelikan Nobi setumpuk ensiklopedia yang kemudian hanya dijadikan pajangan saja. Nobisuke juga suka petualangan, ia juga sering menasihati agar Nobita keluar rumah menikmati hangatnya sinar matahari daripada hanya tidur-tiduran di rumah. Meskipun begitu, ia sangat memanjakan Nobita, ia jarang sekali memarahi Nobi.

Ibu Nobita
Nama lengkapnya Tamako Kataoka, seorang ibu rumah tangga yang benci binatang. Ia selalu cerewet dan memarahi Nobita jika anak itu melakukan kesalahan yang tidak dikehendakinya — mendapat nilai nol, contohnya. Di masa muda, ia adalah seorang anak yang pintar tapi tak pandai berolahraga. Hobinya adalah merangkai bunga.

Nenek (dari pihak ayah)
Nama aslinya tidak diketahui. Nenek adalah seorang yang penyabar dan baik hati. Ia selalu menasihati Nobita dengan halus dan lebut, dan melindungi Nobita ketika diomeli oleh ibunya. Nenek mengenal Nobita masa kini dan mengetahui adanya mesin waktu milik Doraemon. Nasihat nenek yang selalu diingat Nobita adalah Daruma; Daruma walaupun sudah jatuh berkali-kali, namun ia akan bangun dengan sendirinya. Nenek meninggal ketika Nobita masih kecil.

Kakek (dari pihak ayah)
Kakek adalah seorang yang galak dan tegas, ia mendidik Nobisuke dengan keras. Namun dibalik semua itu, ia sangat mencintai Nobisuke. Sama seperti nenek, ia juga mengetahui keberadaan Nobita masa kini dan Doraemon. Kakek meninggal sebelum Nobita dilahirkan.

Nobisuke
Nobisuke adalah anak Nobita dan Shizuka di masa depan. Berbeda dengan Nobita yang pendiam dan tenang, Nobisuke adalah anak yang hiperaktif, suka olahraga, dan sering mengganggu teman-temannya — meskipun kedua-duanya sama-sama bodoh. Nobisuke juga sering mengunjungi "calon ayahnya", Nobita, di masa kini.

Sewashi
Sewashi adalah cicit Nobita yang hidup di abad ke-22, ia lah yang mengirim Doraemon kepada Nobita.

Tokoh-tokoh lainnya

Dorami (ドラミ)
Adik perempuan Doraemon yang berwarna kuning, pandai beres-beres, bersih-bersih, mencuci dan memiliki tenaga sepuluh ribu daya kuda. Orangnya apik dan benci terhadap ketidakrapihan. Ia juga selalu serius dan tidak bisa diajak bercanda; inilah yang membuat Nobita kurang menyukainya. Meskipun begitu, Dorami sebenarnya adalah robot yang baik dan sering menolong Nobita cs ketika mereka dalam kesulitan.

Hidetoshi Dekisugi (出木杉英才)
Anak yang tampan dan pintar dalam pelajaran maupun olahraga, selalu dicemburui Nobita karena sering membantu Shizuka dalam pelajaran. Selain itu, Dekisugi juga pandai menggambar dan memasak.

Jaiko
Adik perempuan Giant. Hobinya memasak dan mengarang komik. Giant sangat menyayanginya dan rela berkorban apa saja demi Jaiko. Ia akan menjadi istri Nobita andai saja Doraemon tidak datang ke masa kini.

Sunetsugu
Adik laki-laki Suneo yang tinggal bersama pamannya yang kaya raya di Amerika Serikat. Sunetsugu sangat bangga akan kakaknya, Suneo, yang menurutnya sangat pintar dan kuat, meskipun kenyataannya tidak.

Sunekichi
Sepupu laki-laki Suneo, berambut keriting dan — seperti keluarga Suneo lainnya — bermuka seperti rubah. Ia adalah anak orang kaya yang sangat jenius dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia pernah membuat sebuah remote control tiruan kapal Yamato sepanjang 1.75 m hanya untuk dihancurkan dengan mainannya yang lain. Dalam beberapa cerita, ia mengadu mainan remote controlnya dengan peralatan ajaib milik Doraemon.

Pak guru
Guru kelas 4 SD yang sering menghukum Nobita dengan cara menyuruhnya berdiri di koridor sekolah. Ia sering memaharahi Nobita dan Jaian, tapi menganakemaskan Suneo. Pak guru sering melakukan kunjungan orang tua murid — yang sering menjadi malapetaka bagi Nobita.

Sunetaro
Anak laki-laki Suneo. Ia adalah seorang yang sangat manja — sama seperti ayahnya, namun ia lemah dan sering dijahili Nobisuke, anak Nobita.

Hideyo
Anak laki-laki Dekisugi. Ia sangat pintar seperti ayahnya. Meskipun masih SD ia sudah mampu membuat sebuah robot yang diberi nama Roboket; gabungan antara robot dengan roket.

Akhir cerita
Sejak tahun 1980-an, banyak sekali bermunculan cerita dan spekulasi tentang akhir kisah Doraemon.

* Kisah pertama —dan paling optimistik— dipublikasikan oleh Nobuo Satu beberapa tahun yang lalu. Diceritakan suatu hari, Nobita pulang ke rumah dan merengek-rengek mengadu ke Doraemon. Tapi tak lama, ia menyadari ada sesuatu yang salah dengan Doraemon; robot kesayangannya itu hanya diam dan tak menjawab keluhannya. Ia pun segera menelepon Dorami, adik Doraemon, dan meminta petunjuk darinya. Dorami kemudian memberi tahu bahwa baterai milik Doraemon habis. Lebih jauh lagi, Dorami menjelaskan bahwa robot kucing versi lama seperti Doraemon seharusnya memiliki cadangan baterai pendukung memori di bagian telinga, tetapi karena Doraemon telah kehilangan telinganya, ia tidak memiliki tenaga cadangan untuk menyimpan memori dan ingatannya. Satu-satunya cara untuk menghidupkan kembali Doraemon adalah dengan mengganti baterainya, namun itu berarti Doraemon akan kehilangan seluruh ingatan tentang diri dan kawan-kawannya; termasuk tentang Nobita.

Disaat bersamaan, polisi-waktu membuat peraturan baru dan melarang adanya "perjalanan waktu" dan menghalangi Nobita yang berusaha membawa Doraemon untuk diperbaiki di masa depan. Dorami kemudian memberikan pilihan: nekat menerobos polisi-waktu, memperbaiki Doraemon di masa depan, dan menghapus ingatannya atau menunggu seseorang dari masa depan datang dan memperbaiki Doraemon; Nobita memilih cara kedua. Nobita —yang sangat kehilangan Doraemon— kemudian berjanji untuk belajar keras demi Doraemon. Usaha Nobita berhasil, tiga tahun kemudian Nobita lulus SMA dengan nilai terbaik dan menjadi seseorang yang sangat populer di sekolahnya. Meskipun demikian, sifat Nobita yang ceria dan optimistik hilang, ia menjadi seorang kutubuku yang selalu menyendiri. Dua puluh sembilan tahun kemudian, diceritakan Dekisugi yang telah menjadi presiden Jepang, mengadakan reuni dengan Suneo dan Jaian. Ketiganya membahas mengenai masalah tentang "hilangnya" Doraemon dan tentang Time Paradox; sebuah teori yang menjelaskan bahwa sejarah dunia dapat berubah dengan diciptakannya mesin waktu. dan dari percakapan itulah terpapar alasan kenapa patroli waktu tak memberikan ijin nobita untuk memperbaiki Doraemon di masa depan, karena nobita itu sendiri yang menciptakan Doraemon. setelah diperbaiki, doraemon menjadi mempunyai telinga dan berwarna kuning, dipeluknya erat-erat Doraemon. Dan mereka hidup bahagia selamanya.


* Yang kedua, akhir yang lebih pesimistik mengusulkan bahwa Nobita menderita autisme dan semua karakter yang ada (termasuk Doraemon) adalah karakter fiksional dalam imaginasinya. Ide bahwa Nobita sakit yang membayangkan semua seri di tempat tidurnya untuk membantunya menghilangkan depresi dan tekanannya membuat marah banyak fans. Banyak fans di Jepang protes diluar markas utama penerbit dari seri setelah mengetahui tentang hal ini. Penerbit akhirnya mengeluarkan pernyataan publik bahwa hal ini tidak benar.

* Yang ketiga berisi bahwa Nobita jatuh dan kepalanya terbentur batu. Ia mengalami koma. Untuk mendapatkan uang untuk operasi agar Nobita selamat, Doraemon menjual seluruh peralatannya di kantong ajabnya, namun, operasi tersebut gagal. Doraemon menjual semua peralatannya kecuali satu alat yang ia gunakan untuk mempersilahkan Nobita kemanapun ia mau, pada akhirnya, Nobita ingin pergi ke surga.

Semua kemungkinan ini didiskusikan dan diputuskan tidak ada akhir untuk kisah Doraemon.

Terdapat tiga akhir yang resmi untuk kisah Doraemon yang dibuat. Doraemon tidak dilanjutkan di dua media karena pembaca semakin besar dan akhir dari kisah ini dipercaya dibutuhkan.

* Pada bulan Maret tahun 1971, di majalah Shogaku 4-nensei : Karena fakta bahwa pengunjung dari masa depan menyebabkan masalah, pemerintah pada abad ke-22 melarang adanya perjalanan waktu, berarti Doraemon harus kembali ke waktunya di zamannya dan meninggalkan Nobita.
* Pada bulan Maret tahun 1972, isi dari majalah Shogaku 4-nensei : Doraemon, untuk beberapa alasan harus kembali ke masa depan untuk beberapa alasan, harus kembali ke masa depan dan berbohong untuk masalah mekanik sehingga Nobita memperbolehkannya pergi. Nobita mempercayainya dan berjanji untuk menunggu sampai Doraemon sembuh. Menyadari bahwa Nobita dapat merelakan kepergiannya, Doraemon memberitahu yang sebenarnya dan Nobita menerimanya. Doraemon kembali ke masa depan.

Akhir dari Doraemon yang ketiga merupakan akhir resmi karena rating TV yang rendah dan Fujiko Fujio sibuk dengan pekerjaan lainnya, tetapi Doraemon tidak meninggalkan pikiran mereka dan mengulang kembali untuk isu bulan depan. Pada tahun 1981, episode ini dibuat menjadi anime (disebut "Doraemon Comes Back"), dan pada tahun 1998, film ini dirilis sebagai film anime.

* Pada bulan Maret tahun 1973, isi dari majalah Shogaku 4-nensei, Nobita kembali kerumah setelah kalah bertempur melawan Jaian. Doraemon lalu menjelaskan bahwa ia harus kembali. Nobita mencoba untuk menghalangi hal ini, tetapi setelah mendiskusikannya dengan orang tuanya, ia menerima kepergian Doraemon. Mereka melakukan perjalanan terakhir di taman. Setelah mereka berpisah, Nobita menemui Jaian dan kembali bertempur. Setelah pertarungan yang lama dengan Nobita mencoba untuk menang sehingga Doraemon dapat pergi tanpa khawatir, Jaian membiarkan Nobita menang karena Nobita tidak menyerah. Doraemon menemukan Nobita pingsan dan membawanya pulang. Ia duduk disebelah Nobita yang tidur dan setelah itu, Doraemon kembali ke masa depan. (cerita ini dapat ditemukan di bagian terakhir komik Doraemon nomor 6)
* Versi animasi mirip tetapi lebih panjang. Pada saat hari April Mop, Nobita ditipu oleh Suneo dan Jaian yang menipunya tentang kembalinya Doraemon. Ia dengan senang pulang dan menanyakan kepada ibunya dimana Doraemon dan ternyata ia tahu bahwa ia ditipu. Nobita sedih dan membuka kotak dari Doraemon. Isinya adalah botol liquid. Ia mendengarkan suara Doraemon yang menjelaskan bahwa cairan tersebut disebut Uso 800 (Bohong 800) yang digunakan agar semua hal yang tidak benar yang diucapkan orang yang minum cairan tersebut sebagai hal yang benar. Nobita menggunakannya untuk menipu Jaian dan Suneo, seperti ia mengatakan cuaca hari ini sangat bagus, yang menjadi bohong dan mulai turun hujan deras sebelum ia mengatakan hari ini hujannya deras dan hujan tersebut berhenti. Jaian dan Suneo takut setelah beberapa trik dan ketika Nobita mengatakan apa yang akan terjadi. Nobita sangat gembira pada awalnya, tetapi segera hilang karena kangen akan Doraemon. Ia pulang, dan ibunya mengatakan Doraemon sudah pulang, ia tetapi tidak yakin dan yakin Doraemon tidak akan pernah kembali, seperti yang dikatakan Doraemon terhadap Nobita sebelum ia pergi. Cairan tersebut masih berfungsi, ketika ia sampai di kamarnya ia menemukan Doraemon, dan mereka gembira, tetapi karena pengaruh dari cairan, semua kata-katanya berubah menjadi Aku sangat tidak senang bahwa kita dapat kembali lagi.
* Bagian ekstra dari animasi ini berasal dari buku komik Doraemon nomor tujuh.

Ketika duo Fujiko Fujio berpisah pada tahun 1987, ide akan akhir Doraemon yang tidak resmi tidak pernah didiskusikan. Sejak Fujiko F. meninggal tahun 1996 sebelum pilihan apapun tercapai, akhir dari Doraemon adalah fiksi para fans, tetapi, pada banyak episode dan film ketika Nobita melakukan perjalanan waktu menampilkan akhirnya ia menikahi Shizuka, memimpin menuju kehidupan yang bahagia dan terpisah dari Doraemon, walaupun Nobita dan temannya masih ingat dengannya.

Peralatan Doraemon
Peralatan yang sering digunakan oleh Doraemon antara lain:

Kantong Ajaib
Adalah sebuah kantong 4 dimensi yang tertempel di perut Doraemon, kantong ini dapat menyimpan semua alat-alat Doraemon tanpa batas, bahkan semua barang-barang dikamar Nobita. Doraemon juga menyimpan sebuah kantong ajaib cadangan di lemari tempat ia tidur. Di lubang kantung ini terdapat sebuah alat pendeteksi imajinasi sehingga apabila ingin mengambil suatu alat, Doraemon akan membayangkan bentuk dari benda tersebut. Alat pendeteksi imajinasi akan mencari benda tersebut dan akan memberikannya ke tangannya.

Mesin Waktu
Mesin Waktu Adalah mesin yang dapat digunakan untuk menjelajah ruang dan waktu. Doraemon menggunakannya untuk kembali ke masa depan jika ia ingin menjalani servis rutin.


Pintu ke Mana Saja
Pintu kemana saja Adalah pintu yang digunakan Doraemon untuk menuju ke tempat apa pun di waktu kapan pun.



Baling-Baling Bambu
Baling-baling bambu Baling-baling kecil milik doraemon yang digunakan untuk terbang ke tempat yang dituju. Baling-baling bambu terbang dengan menggunakan tenaga baterai yang dapat terisi ulang secara otomatis apabila diistirahatkan selama beberapa saat.

Konyaku Penerjemah
Konyaku penerjemah adalah makanan yang berguna untuk menerjemahkan bahasa lain. Jika dimakan, maka orang asing yang berbicara dengan kita akan mengerti perkataan kita, begitu pula sebaliknya.

Kue Momotaro
Adalah kue yang digunakan untuk menjinakkan binatang. Seganas apapun binatangnya, akan berubah menjadi binatang jinak yang bisa ditunggangi bahkan diperintah.

Senter Pengecil
Jika senter ini digunakan, benda yang disinarinya akan mengecil.

Doraemon di Indonesia
Doraemon adalah salah satu karakter manga yang paling populer di Indonesia. Hampir semua orang kenal dengan tokoh ini - baik orang dewasa maupun kanak-kanak. Seri kartunnya (anime) masih ditayangkan di RCTI setelah belasan tahun (sejak 1991) pada waktu yang sama - pukul delapan pagi di hari Minggu, membuktikan kesuksesannya di negeri ini.

Komiknya telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dalam beberapa seri:

* Doraemon
* Seri Peralatan Ajaib Doraemon
* Doraemon Petualangan
* Cerita Spesial Doraemon
* Seri Ekspedisi Doraemon
* Belajar Menghitung bersama Doraemon
* Dorabase
* The Doraemons

Doraemon (serial anime 1973)
Serial TV pertama di Doraemon yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio dan Tokyo Movie Shinsa. Serial yang terdiri dari 26 episode ini merupakan hasil produksi bersama NTV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 1 April 1973 sampai dengan tanggal 30 September 1973.

Musik
Lagu pembuka
* Doraemon (ドラえもん) oleh Harumi Naito

Lagu penutup
* Doraemon Rumba (ドラえもんルンバ) oleh Harumi Naito

Pemain
* Doraemon (1973, pertama) : Kosei Tomita
* Doraemon (1973, kedua) : Masako Nozawa
* Nobita (1973) : Yoshiko Ota
* Jyaian (1973) / Suneo : Kaneta Kimotsuki
* Shizuka (1973) : Masako Ebisu
* Suneo (1973) : Shun Yashiro
* Ken / Tooru : Chiaki Morita
* Ayahnya Nobita (1973) : Ichiro Murakoshi
* Gachako (1973) : Junko Hori
* Akachan / Chinchao / Roboka / Shounen : Junko Shimakata
* Preman : Katsue Miwa
* Ibu di Jyaian : Kazuyo Aoki
* Sewashi (1973) : Keiko Yamamoto
* Dorami : Keiko Yokozawa
* Yamada-kun : Kyoko Yamada
* Botako (1973) : Masako Nozawa
* Sensei (1973, kedua) : Masashi Amenomori
* Papa : Masayuki Kato
* Ibu di Nobita (1973) : Noriko Ohara
* Debuko (1973) : Noriko Tsukase
* Sensei (1973, pertama) : Osamu Kato
* Jamako (1973) : Rihoko Yoshida
* Guru : Ryoichi Tanaka
* Dekisugi : Sumiko Shirakawa
* Papa : Yuzuru Fujimoto

Doraemon (serial anime 1979)
Serial TV kedua di Doraemon yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio dan Shin'ei Doga. Serial ini adalah ditayangkan TV Asahi di Jepang mulai tanggal 8 April 1979.

Musik

Lagu pembuka
1. Lagu di Doraemon (ドラえもんのうた, Doraemon no Uta) (Weekly Program OP #1, Weekday Program OP #1) oleh Kumiko Osugi dan Nobuyo Oyama
2. Boku Doraemon (ぼくドラえもん) (Weekday Program OP #2) oleh Nobuyo Oyama dan Koorogi '73
3. Lagu di Doraemon (kedua) (Weekly Program OP #2) oleh Satoko Yamano
4. Lagu di Doraemon (ketiga) oleh Tokyo Purin
5. Lagu di Doraemon (ke-4) oleh Misato Watanabe
6. Lagu di Doraemon (ke-5) oleh AJI
7. Lagu di Doraemon (ke-6) oleh Twelve Girls Band
8. Hug Shichao (ハグしちゃお) oleh Rimi Natsukawa
9. Yume wo Kanaete Doraemon (夢をかなえてドラえもん) oleh mao

Lagu penutup
1. Doraemon ekaki uta (ドラえもん・えかきうた) (Lagu penutup ekstra) oleh Nobuyo Oyama
2. Aoi Sora wa Pocket sa (青い空はポケットさ) oleh Kumiko Osugi
3. Doraemon Ondo (ドラえもん音頭) (Lagu penutup ekstra) oleh Nobuyo Oyama dan Koorogi '73
4. Dorami chan ekaki uta (ドラミちゃんのえかきうた) (Lagu penutup ekstra) oleh Keiko Yokozawa
5. Maru Gao no uta (まる顔のうた) oleh Nobuyo Oyama
6. Bokutachi Chikyuu-Jin (ぼくたち地球人) oleh Mitsuko Horie
7. Santa Claus wa doko no hito (サンタクロースはどこのひと) oleh Nobuyo Oyama
8. Aozoratteiina (青空っていいな) oleh Mitsuko Horie
9. Ashita mo tomodachi (あしたもともだち) oleh Yui Nishiwaki
10. Boku Doraemon 2112 (ぼくドラえもん2112) oleh Nobuyo Oyama dan Koorogi '73
11. Mata aeru Hi made (またあえる日まで) oleh YUZU
12. Tanpopo no Uta (タンポポの詩) oleh THE ALFEE
13. YUME Biyori (YUME 日和) oleh Hitomi Shimatani
14. Aa Iina! (あぁ いいな!) oleh W (Double You)
15. Odore Dore Dora Doraemon Ondo (踊れ・どれ・ドラ ドラえもん音頭) oleh Wasabi Mizuta dan Morinoki Jidou Gasshoudan

Pemain
* Nobita (kedua : 2005-04-15) : Megumi Ohara
* Doraemon (pertama) : Nobuyo Oyama
* Nobita (pertama) : Noriko Ohara
* Doraemon (kedua : 2005-04-15): Wasabi Mizuta
* Suneo (pertama) : Kaneta Kimotsuki
* Gian (pertama) : Kazuya Tatekabe
* Dorami (pertama) : Keiko Yokozawa
* Ibu di Nobita (kedua : 2005-04-15) : Kotono Mitsuishi
* Ayahnya Nobita (pertama) : Masayuki Kato
* Shizuka (pertama) : Michiko Nomura
* Ibu di Nobita (pertama) : Sachiko Chijimatsu
* Gian (kedua : 2005-04-15) : Subaru Kimura
* Suneo (kedua : 2005-04-15) : Tomokazu Seki
* Ayahnya Nobita (ketiga : 2005-04-15) : Yasunori Matsumoto
* Ayahnya Nobita (kedua) : Yosuke Naka
* Shizuka (kedua : 2005-04-15) : Yumi Kakazu
* Ibu di Shizuka (ketiga : 2005-04-15) : Ai Orikasa
* Grandma Nobita (kedua) : Akiko Takamura
* Grandma Nobita (pertama) : Atsuko Mine
* Company President (pertama) : Banjo Ginga
* Mini Dora (pertama) : Chie Kitagawa
* Ayahnya Gian (ketiga) : Daisuke Gori
* Ayahnya Suneo (kedua) : Hideyuki Tanaka
* Sune-kichi (pertama) : Issei Futamata
* Kaminari-san (ketiga : 2005) : Katsuhisa Hoki
* Guru Nobita (kedua) : Kazuhiko Inoue
* Ibu di Gian (pertama) / Jaiko (pertama) : Kazuyo Aoki
* Toraemon : Keiko Yamamoto
* Ibu di Shizuka (pertama) : Keiko Yokozawa
* Funyakofunyao (ke-4) : Kenichi Ogata
* Mii-chan (ke-6) : Kumiko Watanabe
* Ibu di Suneo (kedua) : Mari Yokoo
* Company President (kedua) : Masaharu Sato
* Ibu di Shizuka (kedua) : Masako Matsubara
* Ibu di Suneo (ketiga : 2005) : Minami Takayama
* Funyakofunyao (ketiga) : Minoru Yada
* Ibu di Gian (kedua : 2005-04-29) : Miyako Takeuchi
* Mii-chan (ke-8) : Motoko Kumai
* Mini Dora (kedua) : Rei Sakuma
* Guru Nobita (pertama) : Ritsuo Sawa
* Guru Nobita (ketiga) : Ryoichi Tanaka
* Sewashi (kedua : 2005) : Sachi Matsumoto
* Dekisugi (kedua : 2005-05-27) : Shihoko Hagino
* Kaminari-san (pertama) : Shingo Kanemoto
* Dekisugi (pertama) : Sumiko Shirakawa
* Kaminari-san (kedua) : Takeshi Watanabe
* Sune-kichi (kedua) : Takumi Yamazaki
* Muku (pertama) : Tessho Genda
* Jaiko (kedua: 2005) : Vanilla Yamazaki
* Guru Nobita (ke-4: 2005) : Wataru Takagi
* Funyakofunyao (pertama) : Yasuroo Tanaka
* Sewashi (pertama) : Yoshiko Ota
* Ibu di Suneo (pertama) : Yoshino Otori
* Ayahnya Gian (kedua, ke-4) : Yutaka Shimaka

Film Doraemon
Film-film Doraemon yang beredar di Indonesia antara lain:

Lama
* Doraemon dan Kerajaan Matahari
* Doraemon di Negeri Angin
* Doraemon Petualangan di Luar Angkasa
* Doraemon dan Kerajaan Robot
* Doraemon di Negeri Angin
* Doraemon di Kerajaan Matahari
* Doraemon Tersesat Di Luar Angkasa
* Doraemon & Kerajaan Robot
* Doraemon & 3 Pendekar Fantasi
* Doraemon & Labirin Kaleng

Baru
* Doraemon di Planet binatang
* Doraemon: Nobita dan dinosaurus

Sumber : id.wikipedia.org

Baca Selengkapnya...

Lyric OST Eyeshield 21 : Be Free

Me mo kuramu you na hard days
Faasuto daun ubaezu ni time out
Shaabetto jou ni toketashita taiyou
Nomi hosu sa « i am a loser »
Dare no sashizu mo ukenai to
Hashiri tsudzukeru like a rolling stone
Daremo ga ikiru tame no riizun
Kangaeru hodo ni meikyuu sa so blue
Moteam shiteru passhon
Nuritsubusareta kuresuchon
Shinjitsu ha maru de fikushon
I got to be free all right, yes i wanna be a star
Jidai to iu no machine ni mata gatte
I got to be free all right, i decided to be a star
Inochigake no bakageta game to iki gatte

Baca Selengkapnya...

Berikut link download untuk prediksi alias kisi-kisi alias PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2008 TENTANG UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) 2008/2009.

Karena disimpan di situs lain, maka KLIK KANAN, OPEN LINK IN NEW TAB, isikan Verification Code-nya, lalu klik DOWNLOAD.

Jenjang SekolahDownloadUkuran File
SD, MI dan SDLBDOWNLOAD600 kb
SMP, MTs, SMPLB, SMALB, SMKDOWNLOAD930 kb
SMA dan MADOWNLOAD829 kb
SemuanyaDOWNLOAD2,5 mb


Berikut link download untuk POS alias PROSEDUR OPERASI STANDAR UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL TAHUN 2008-2009
Jenjang SekolahDownloadUkuran File
SD, MI dan SDLBDOWNLOAD371 kb
SMP, MTs, SMPLB, SMALB, SMKDOWNLOAD411 kb
SMA dan MADOWNLOAD400 kb
SemuanyaDOWNLOAD1,27 mb


Link download dibawah ini adalah SOAL-SOAL PREDIKSI UN 2009 buatan Banksoal Sebarin berikut kunci jawaban.

SOAL PREDIKSI UN 2009 UNTUK SMA JURUSAN IPA
PELAJARANDownloadUkuran File
Bahasa IndonesiaDownload297 kb
Bahasa InggrisDownload193 kb
MatematikaDownload161 kb
BiologiDownload206 kb
FisikaDownload204 kb
KimiaDownload229 kb
Kunci JawabanDownload50 kb


SOAL PREDIKSI UN 2009 UNTUK SMA JURUSAN IPS
PELAJARANDownloadUkuran File
Bahasa IndonesiaDownload296 kb
Bahasa InggrisDownload221 kb
MatematikaDownload289 kb
GeografiDownload246 kb
SosiologiDownload153 kb
Kunci JawabanDownload56 kb


SOAL PREDIKSI UN 2009 UNTUK SMP
PELAJARANDownloadUkuran File
Bahasa IndonesiaDownload415 kb
Kunci Jawaban Bahasa IndonesiaDownload142 kb
Bahasa InggrisDownload216 kb
MatematikaDownload359 kb
Kunci Jawaban MatematikaDownload359 kb
KewarganegaraanDownload127 kb
Kunci Jawaban KewarganegaraanDownload141 kb


BANK SOAL 3.0
Bank Soal 3.0 adalah software buatan Invircom (November 2002), berisi soal-soal ujian nasional untuk SD, SMP dan SMA dari tahun 1988-2001 (14 tahun) dari semua bidang studi dan diedarkan secara free (gratis). Versi terbaru yaitu 4.0 berharga Rp 50.000.
Bila anda tertarik silakan DOWNLOAD BANK SOAL 3.0 DISINI (filenya cukup besar yaitu 22 mb).

UPDATE 11-1-2009
File-file berikut diambil dari situs Blognya Mas Istiyanto yang meraih juara 3 e-learning award 2008.


UAN Matematika Bahasa-2008
UAN Matematika IPA 2008
UAN Matematika IPS 2008
24 Soal Termudah UAN Matematika IPA 2008
Aturan Sinus Kosinus
Soal Matematika untuk SMA Pertidaksamaan
Soal Matematika untuk SMA Akar Trigono Matriks
Trigonometri
Trigonometri Vektor
Trigonometri Vektor 2
Trigonometri Vektor 3
Vektor
Vektor2
Vektor3
Vektor4
Soal Matematika Latihan UAN 2008
Soal SMA Logika Matematika
Soal Matematika 1
Soal Matematika untuk SMA FK Log
Soal Matematika untuk SMA Himpunan
Soal Matematika untuk SMA Kumpulan Soal
Soal Matematika untuk SMA Matriks
Soal Matematika untuk SMA Matriks 2
Soal Matematika untuk SMA Matriks 3
Soal Matematika untuk SMA Matriks 4
Soal Matematika untuk SMA Matriks 5
Soal Matematika untuk SMA PK
Soal Matematika untuk SMAPK 2
Soal Matematika untuk SMA PK FK SPL
Soal Matematika untuk SMA PK SPL 2
Soal Matematika untuk SMA PK FK SPL 3
Soal Matematika Kelas XII-3
Soal Matematika Kelas XII-4
Soal Matematika Kelas XII-5
Soal Matematika Kelas XII-6
Soal UM UGM 2007 Matematika IPA
UM UGM 2007 1
UM UGM 2007 2

SOAL PREDIKSI UN FISIKA 2009
File-file berikut diambil dari situs FISIKAMAN milik Iksan Taufik Hidayanto, S.Pd Staf Pengajar Fisika SMA dari Banyumas alumnus Unnes Semarang 2002.
Prediksi UN Fisika 2009
Prediksi UN Fisika 2009 1
Prediksi UN 2009 Fisika 2
Prediksi UN 2009 Fisika 3
Soal UN Fisika Bab Mekanika
Soal UN Fisika Bab Zat Kalor
Soal UN Fisika Bab Getaran Gelombang Bunyi
Soal UN Fisika Bab Listrik
Soal UN Fisika Bab Fisika Modern
Kunci Jawaban smtr 10 809
Ulangan Smtr 1 Fisika kelas 10
Ulangan Smtr 1 Fisika kelas 11
Ulangan Smtr 1 Fisika kelas 12
Ulangan Smtr 1 Fisika kelas 12 0809

SOAL KIMIA UN / EBTANAS TAHUN 1986-2006
File-file berikut adalah soal-soal Kimia SMA dalam EBTANAS/UN tahun 1986-2006.

Ebtanas/UN Kimia 1986
Ebtanas/UN Kimia 1987
Ebtanas/UN Kimia 1988
Ebtanas/UN Kimia 1989
Ebtanas/UN Kimia 1990
Ebtanas/UN Kimia 1991
Ebtanas/UN Kimia 1992
Ebtanas/UN Kimia 1993
Ebtanas/UN Kimia 1994
Ebtanas/UN Kimia 1995
Ebtanas/UN Kimia 1996
Ebtanas/UN Kimia 1997
Ebtanas/UN Kimia 1998
Ebtanas/UN Kimia 1999
Ebtanas/UN Kimia 2000
Ebtanas/UN Kimia 2001
Ebtanas/UN Kimia 2002
Ebtanas/UN Kimia 2003
Ebtanas/UN Kimia 2004
Ebtanas/UN Kimia 2005
Ebtanas/UN Kimia 2006

SOAL UN SMP tahun 2003-2004
File-file berikut adalah soal ujian nasional SMP tahun 2003-2004.
* judule belum diedit *
smpbhsin0304c
smpbhsiind10203e1
smpbhsind0304a
smpbhsind0304b
smpbhsind20203d
smpbhsing0203d
smpbhsing0203e
smpbhsing0304a
smpbhsing0304b
smpbhsing0304c
smpmatpkt10304
smpmatpkt20304
smpmatpkt30304

Sumber : creativesimo.wordpress.com

Baca Selengkapnya...

Lyric OST Inuyasha : Angelus (English Version)

The tears shed for someone
Flow down my cheek like a river
Don't dismiss it as "Weakness"
Accept it as "tenderness"
You make me even forget to breathe
Only the sun is shining in the sky I found in your eyes
What do you keep searching for ?

That day I stared in the mirror and swore
I was definitely seeing you
There were even wings on my back

As you change the world changes
The flame of love delivered in a dream
Passes through a flickering mirage
Light in the sky, water on the earth
And strength in that heart
An angel that struggles towards the future

If my desires could be fulfilled I would probably choose to become the wind
And catch hold of your wings that have thrown away hesitation

Racing heart and feelings of fear
If I can break free of the past that is blended with pain
A rainbow of primary colours will be there

In that particular instant you change the world
The pulsation of love that you carved out
The desire that flares to life with scorching heat
The impossible dream deeper than the ocean
The strength that you pursue
An angel that lights up the darkness

"If I continue to run, I think I may fly..."

As you change the world changes
The flame of love delivered in a dream
Passes through a flickering mirage
Light in the sky, water on the earth
And strength in that heart
An angel that struggles towards the future
Take the shards of passion into your hand

Baca Selengkapnya...

Lyric OST Inuyasha : Angelus

Dareka no tame nagasu NAMIDA
Irino youni hoo ni tsutau
Sore wo "yowasa" to kakusanai de
"Yasashisa" to ukeirete
Kokyuu sae mo wasure saseru
Hitomi no naka ni mitsuketa sora
Taiyou dake ga kagayaiteru nani wo sagashi tsudukeru ?

Kagami wo mitsume chikatta ano hi
Anata ni ha kitto mieteta
Jibun no senaka ni mo tsubasa ga aru to

Anata ga kawari sekai ga kawaru
Yume ni todoke ai no honoo
Yurayura shinkirou koete
Sora ni ha HIKARI daichi ni mizu wo
Sono kokoro ni tsuyosa wo
Mirai he tadoritsuku ANGELUS

Nozomi ga moshi kanau no nara kaze ni naru koto erabu deshou
Mayoi wo suteta anata no hane watashi no kaze wo tsukamu

Takanaru mune to osoreru kimochi
Itami ga mazari au kako wo
Furikiretara soko ni genshoku no niji

Ichibyou goto ni sekai wo kaeru
Kizami dashita ai no kodou
JIRIJIRI moeagaru negai
Umi yori fukai mihatenu yume wo
Oimotomeru tsuyosa ga
Yami wo terashite yuku ANGELUS

"Hashiri tsudukeru nara, tobitateru hazu..."

Anata ga kawari sekai ga kawaru
Yume ni todoke ai no honoo
Yurayura shinkirou koete
Sora ni ha HIKARI daichi ni mizu wo
Sono kokoro ni tsuyosa wo
Mirai he tadoritsuku ANGELUS
Jyounetsu no kakera wo te ni shite

Baca Selengkapnya...

Remidi KKPI

Hari ni seperti kata Gigi..
Sebelas Januari Bertemu
Menjalani Kisah Cinta Ini
Naluri Berkata Engkaulah Milikku
Bahagia Selalu Dimiliki
Bertahun Menjalani Bersamamu
Kunyatakan bahwa Engkaulah jiwaku
eit. . ..
malah nyanyi..
hehe..
tapi nak SMK N 2 Pekalongan malah pada remidi Sertifikasi 2009..
semuanya pada mumet..
hehe..
Alhamdulillah-nya [A]gito ga' remidi..
(^_^)v pis . ...
hehe..
mereka dikasih waktu hanya 3 jam saja..
mulai dari jam 09.00 sampe jam 13.00..
nonstop tanpa istirahat..

kasihan juga yah..
hmh . ...
mw gimana lagi..
harus selesai hari ini juga..
para Laskar TKJ semangat yah..
nak TKJ angkatan aku nyebut dirinya gitu..
sang Laskar TKJ..
karena kita yang membuat perubahan kepada SMK N 2 Pekalongan..
mulai dari OSIS sampai MPK..
nah lo..
kok isa ?..
ya isa dunkz..
namanya aja Laskar TKJ..
hehe..
udah lah segini dulu..
tambah ngelantur g' jelas sama sekali..
hehe..
salam damai dari [A]gito..
semangat yah Laskar TKJ..
(^_^)..

Baca Selengkapnya...

Sepuluh Tips Saat Ujian

Postingan ini ditujukan wat dela maNiaX coY..

berhubung [A]gito lum nemu bocoran soal UAN 2009 wat SMK..
sementara ini dulu deh..
Sepuluh Tips Saat Ujian..

Ujian memberikan dasar evaluasi dan penilaian
terhadap perkembangan belajarmu.

Ada beberapa kondisi lingkungan,
termasuk sikap dan kondisimu sendiri, yang mempengaruhimu dalam melakukan ujian.




Sepuluh tips untuk membantu kamu dalam mengerjakan ujian:

1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. Tenang dan percaya diri.
Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

3. Bersantailah tapi waspada.
Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

4. Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

5. Jawab soal-soal ujian secara strategis.
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:
* soal paling sulit
* yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
* memiliki nilai terkecil


6. Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

7. Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

8. Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

9. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

10. Analisa hasil ujianmu.
Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Baca Selengkapnya...

ByPass Rapidshare Hacking dengan Switch Proxy

Bagi Anda pengguna rapidshare Free alias bukan Premium tentunya pernah mengalami masalah klasik dalam rapidshare, yaitu tidak memperbolehkan menggunakan IP yang sama ketika hendak mendownload file lagi. Hal itu sebenarnya bisa kita akali dengan menggunakan proxy dan ini terbukti mujarab berhasil mendownload beberapa file, yang penting Anda memiliki cukup banyak persediaan daftar proxy. Untuk menerapkan hal ini selain menggunakan proxy Anda juga membutuhkan add-ons Firefox, yaitu switch proxy yang bisa di unduh di
www.mozmonkey.com

Berikut langkah-langkah:

1. Install terlebih dahulu switch proxy.
2. Restart Firefox Anda.
3. Tampilan Switch proxy seperti gambar di bawah ini.
4. Klik Add.
5. Akan tampil pilihan Select Proxy Type, pilih Anonymous.
6. Lalu klik Next.
7. Tampil kotak dialog Add Anonymous Proxy. Pada proxy label isikan nama proxy yang Anda gunakan(boleh sembarang).
8. Pada kolom proxy masukan alamat proxy yang hendak Anda gunakan, bisa mencarinya di google dengan kata kunci "free proxy". Lalu klik Add.
9. Pada bagian Change proxy every Anda masukan berapa second(detik) proxy ini akan diubah, buatlah nilai yang paling besar.
Klik Save.
10. Lakukan hal yang sama untuk menyimpan proxy tersebut, agar ketika Anda hendak mendownload yang baru tinggal ubah saja proxynya.
11. Sebagai awal kita jangan gunakan proxy terlebih dahulu, kita gunakan IP yang ada pada ISP kita terlebih dahulu.
12. Setelah Anda berhasil mendownlaod 1 file dari rapidshare maka Anda siapkan file lain yang hendak di download lagi.
13. Jika ada konfirmasi bahwa IP yang ada sedang digunakan(harap menunggu prosesnya selesai). Segera Anda ubah proxynya dengan mengklik drop down menu pada Proxy dengan pilihan proxy lain. Kemudian klik Apply.
14. Jika pada keterangan Status Using Cina 60.28.196.55(proxy yang digunakan penulis) berarti proxy tersebut sudah aktif.

14. Segera download file dari rapidshare.
15. Lakukan cara yang sama jika hendak mendownload file lain dari rapidshare asalkan gunakan proxy yang berbeda.

Semoga bermanfaat - Happy downloading ^^
Sumber : mata-maya.com

Baca Selengkapnya...

Lyric OST Eyeshield 21 : Blaze Away

Naze furuikabe ni rakuen wo egaku
Mada eien yori tooi yume wo mite
Kokoro wa dokoka ni nemuraseta mama no
Nakushite wa ikenai tsubasa wo sagashiteru
Naze jibun dake ga kizutsuku to nageku
Tada hito wa dare mo tuzoroina kakera
Mirai wa kimatta basho bakari janai
Hikari sasu michi ga aru kara
Blaze away ima blaze away sugu
Blaze away tobira no mukou e
Saa toki wa umare kawaru
Blaze away ima blaze away ima
Blaze away hibiki au kodou
Kagi wa tokareteru sono te ni ima
Kaze ga shimesu kono saki no dokoka
Motto tsukami toreru nanika
Kobamu mono wo osorechaikenai
Kurushimi no ato ni mezameyou
Blaze away ima blaze away sugu
Blaze away tobira no mukou e
Saa toki wa umare kawaru
Blaze away ima blaze away ima
Blaze away dekiru koto ga aru
Tatoe hitotsu shikanakutemo
Blaze away ima blaze away ima
Blaze away kakenukete yukou
Kagi wa tokareteru sono te ni ima

Baca Selengkapnya...

Otaku ?.. Apaan sih ?..

Otaku (おたく, Otaku) adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi atau kata ganti orang kedua yang paling sopan dalam bahasa Jepang baku, setara dengan kata "Anda" dalam bahasa Indonesia.

Sejak paruh kedua dekade 1990-an, istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang seperti anime dan manga, bahkan ada orang yang menyebut dirinya sebagai Otaku.

Etimologi

Istilah otaku kemungkinan besar berasal dari percakapan antar penggemar anime yang selalu menyapa lawan bicara dengan sebutan Otaku (お宅, Anda) yang merupakan bentuk paling sopan untuk kata ganti orang kedua dalam bahasa Jepang. Pada perkembangan selanjutnya, istilah otaku ditulis dengan aksara katakana (オタク, otaku) atau (ヲタク, wotaku) untuk membedakan istilah slang dengan kata ganti orang kedua dalam bahasa Jepang baku.

Sejarah

Di awal dekade 1980-an sudah ada istilah slang bernada sumbang byo-ki (ビョーキ, "sakit") yang ditujukan kepada penggemar berat lolicon, manga dan do-jin manga. Istilah byo-ki sudah sering muncul dalam do-jinshi sampai ke anime dengan peran utama anak perempuan seperti Minky Momo.

Istilah otaku pertama kali diperkenalkan oleh kolumnis Nakamori Akio dalam artikel “Otaku”no Kenkyu- (おたくの研究, Penelitian tentang Otaku) yang dimuat majalah manga Burikko. Dalam artikel yang dimuat bersambung dari bulan Juni hingga Desember 1983, istilah otaku digunakan untuk menyebut penggemar berat subkultur seperti anime dan manga.

Pada waktu itu, masyarakat umum sama sekali belum mengenal istilah otaku. Media massa yang pertama kali menggunakan istilah otaku adalah radio Nippon Broadcasting System yang mengangkat segmen Otakuzoku no jittai (おたく族の実態, situasi kalangan otaku) pada acara radio Young Paradise. Istilah Otakuzoku (secara harafiah: suku Otaku) digunakan untuk menyebut kalangan otaku, mengikuti sebutan yang sudah ada untuk kelompok anak muda yang memakai akhiran kata "zoku," seperti Bo-so-zoku dan Takenokozoku.

Pada perkembangan selanjutnya, sebutan otaku digunakan untuk pria lajang yang mempunyai hobi anime, manga, idol, permainan video, dan komputer pribadi tanpa mengenal batasan umur. Istilah otaku juga banyak dipakai untuk menyebut wanita lajang atau wanita sudah menikah yang membentuk kelompok sedikit bersifat "cult" berdasarkan persamaan hobi. Kalangan yang berusia 50 tahun ke atas yang merupakan penggemar berat high culture atau terus mengejar prestasi di bidang akademis jarang sekali dan hampir tidak pernah disebut otaku.

Istilah "otaku" dalam arti sempit awalnya hanya digunakan di antara orang-orang yang memiliki hobi sejenis yang membentuk kalangan terbatas seperti penerbitan Do-jinshi. Belakangan ini, istilah otaku dalam arti luas sering dapat mempunyai konotasi negatif atau positif bergantung pada situasi dan orang yang menggunakannya. Istilah otaku secara negatif digunakan untuk penggemar fanatik suatu subkultur yang letak bagusnya tidak bisa dimengerti masyarakat umum, atau orang yang kurang mampu berkomunikasi dan sering tidak mau bergaul dengan orang lain. Otaku secara positif digunakan untuk menyebut orang yang sangat mendalami suatu bidang hingga mendetil, dibarengi tingkat pengetahuan yang sangat tinggi hingga mencapai tingkat pakar dalam bidang tersebut.

Sebelum istilah otaku menjadi populer di Jepang, sudah ada orang yang disebut "mania" karena hanya menekuni sesuatu dan tidak mempunyai minat pada kehidupan sehari-hari yang biasa dilakukan orang. Di Jepang, istilah otaku sering digunakan di luar konteks penggemar berat anime atau manga untuk menggantikan istilah mania, sehingga ada istilah Game-otaku, Gundam-otaku (otaku mengenai robot Gundam), Gunji-otaku (otaku bidang militer), Pasokon-otaku (otaku komputer), Tetsudo--otaku (otaku kereta api alias Tecchan), Morning Musume-otaku (otaku Morning Musume alias Mo--ota), Jani-ota (otaku penyanyi keren yang tergabung dalam Johnny & Associates).

Secara derogatif, istilah otaku banyak digunakan orang sebagai sebutan bagi "laki-laki dengan kebiasaan aneh dan tidak dimengerti masyarakat umum," tanpa memandang orang tersebut menekuni suatu hobi atau tidak. Anak perempuan di Jepang sering menggunakan istilah otaku untuk anak laki-laki yang tidak populer di kalangan anak perempuan, tapi sebaliknya istilah ini tidak pernah digunakan untuk perempuan. Berhubung istilah otaku sering digunakan dalam konteks yang menyinggung perasaan, penggunaan istilah otaku sering dikritik sebagai praduga atau perlakuan diskriminasi terhadap seseorang.

Otaku juga identik dengan sebutan Akiba Kei yang digunakan untuk laki-laki yang berselera buruk dalam soal berpakaian. Sebutan Akiba Kei berasal dari gaya berpakaian laki-laki yang lebih suka mengeluarkan uang untuk keperluan hobi di distrik Akihabara, Tokyo daripada membeli baju yang sedang tren. Sebutan lain yang kurang umum untuk Akiba-Kei adalah A-Boy atau A-Kei, mengikuti istilah B-Boy (B-Kei atau B-Kaji) yang sudah lebih dulu ada untuk orang yang meniru penampilan penyanyi hip-hop berkulit hitam.

Generasi otaku di Jepang


  • Otaku generasi pertama (kelahiran paruh pertama tahun 1960-an)
  • Otaku generasi pertama dibesarkan sebagai penggemar fiksi sains di saat masyarakat umum masih mengganggap anime sebagai konsumsi anak-anak. Gekiga yang dimaksudkan sebagai bacaan orang dewasa lalu mulai dikenal secara luas. Otaku generasi pertama juga mulai ikut-ikutan membaca Gekiga. Di Jepang, generasi kelahiran tahun 1960-an disebut generasi Shinjinrui (Generation X) yang sewaktu kecil takjub dengan monster yang bisa berubah bentuk dan menyenangi Tokusatsu.

  • Otaku generasi II (kelahiran sekitar tahun 1970-an)
  • Di masa kecil membaca Space Battleship Yamato, Mobile Suit Gundam yang nantinya menjadi bekal penting untuk menjadi otaku. Masyarakat Jepang mulai menerima kehadiran otaku. Sebagian otaku generasi II tidak bisa membedakan antara dunia fiksi sains dengan alam nyata, misalnya Gundam-otaku (Gun-ota). Permainan video dekade 1980-an juga menjadi kegemaran otaku generasi II. Pada saat yang sama, masyarakat mulai menaruh praduga terhadap otaku akibat kasus pembunuhan heboh dengan pelaku seorang otaku. Di kalangan anak sebaya, otaku mulai mendapat perlakuan diskriminasi.

  • Otaku generasi III (kelahiran sekitar tahun 1980-an)
  • Di masa kecil membaca Neon Genesis Evangelion, otaku generasi III sekarang menjadi inti gerakan Sekai Kei. Anak-anak dari otaku generasi I mulai menjadi otaku sehingga citra negatif otaku semakin berkurang dan otaku hanya dianggap sebagai salah satu hobi. Di kalangan otaku generasi III, kecenderungan Moé sudah menjadi istilah yang disepakati bersama, sekaligus sebagai prinsip dan tujuan. Otaku generasi III makin tenggelam di dalam dunia yang digambarkan manga, dan bahkan sampai menyenangi high culture yang ada di dalamnya.
Sumber : id.wikipedia.org

Baca Selengkapnya...

Anime

Anime (アニメ) (baca: a-ni-me, bukan a-nim) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang.

Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris "Animation" dan diucapkan sebagai "Anime-shon".

Anime pertama yang mencapai kepopuleran yang luas adalah Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Sekarang anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime jaman dulu. Dengan grafik yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. Masyarakat Jepang sangat antusias menonton anime dan membaca manga. Dari anak-anak sampai orang dewasa. Mereka menganggap, anime itu sebagai bagian dari kehidupan mereka, Hal ini yang membuat beberapa televisi kabel yang terkenal akan beberapa film kartunnya, seperti Cartoon Network dan Nickelodeon mengekspor kartunnya. Untuk bisa mendapatkan anime, mereka harus membeli DVD/VCD anime atau mereka bisa mendownload anime itu dari situs-situs penyedia layanan Direct Download Link (DDL). Sekarang anime menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan bagi semua orang, dan banyak juga orang yang memanfaatkan hal ini untuk sebuah tindakan kejahatan. Pembuat anime itu sendiri disebut animator.Para Animator itu bekerja disebuah perusahaan media untuk memproduksi sebuah anime. Di dalam perusahaan itu, terdapat beberapa animator yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah anime yang berkualitas. Tapi sangat disayangkan, gaji dari para animator tersebut kecil jika dibandingkan dengan kerja keras mereka. Hal ini yang membuat para animator enggan untuk bekerja secara professional. Mereka merasa hal itu tidak sebanding dengan usaha yang telah mereka lakukan. Para animator itu sendiri sering disebut Seniman Bayangan. Karena mereka bekerja seperti seorang seniman yang berusaha mengedepankan unsur cerita dan unsur intrinsiknya.

Baca Selengkapnya...

Japanese Manga Toilet Roll

Kebayang ga' kalo kita gi buang air besar..
trus tisu toiletnya berupa komik manga ?..
seru kali yah..
nah di Banbix salah satu pabrik kertas terkemuka di Jepang sono berkerja sama dengan para manga-ka dan artis Yakumi Tsuru baru - baru ini ngeluarin produk yang bener - bener inovatif..
yaitu tisu toilet dengan gambar manga dan 4 panel komik di tisunya..
gokil g tuh ?..
hehe..
fans manga jepang sekarang bisa membaca bacaan favorit mereka sambil melakukan "hal yang serius"..
hehe..
nih gambarnya..
Kapan yah Indonesia ada yang kayak beginian..
kan enak..
hehe..
^_^

Baca Selengkapnya...

Memilih Penyedia Layanan Web Hosting

Banyaknya layanan web hosting yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga murah kadang membuat bingung para calon klien. Dalam kesempatan ini kami mencoba memberikan sudut pandang berbeda dalam memilih penyedia layanan web hosting.

1. Technical support dan customer service

Pertama kali melihat spesifikasi paket hosting, calon klien umumnya terpaku pada angka-angka teknis seperti besarnya disk space, bandwidth, harga, fasilitas tambahan dsb. Tidak banyak calon klien yang cukup smart untuk memperhatikan faktor paling penting dalam bisnis jasa dalam bidang apapun: Customer Service. Mendapatkan customer service yang handal dan selalu siap melayani klien jauh lebih penting dari sekedar deretan angka-angka teknis.

Bagaimana mengetahui bagus tidaknya support dari sebuah penyedia layanan?

Lakukan tes sederhana dengan menghubungi customer service melalui email, chat dll sebelum anda melakukan pesanan. Pelayanan bisa dikatakan baik bila anda mendapatkan respon sesegera mungkin. Tes ini mungkin tidak bisa menjamin 100% bahwa mereka akan bagus seterusnya. Namun pelayanan yang baik dan sigap adalah permulaan yang baik.

2. Uptime

Istilah uptime secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah kondisi dimana mesin server beserta seluruh fungsinya berjalan dengan semestinya dan website klien bisa diakses dengan normal. Downtime adalah kebalikan dari kondisi tersebut. Dalam dunia hosting, uptime di-monitor dalam jangka waktu tertentu dan 100% adalah angka ideal yang sulit untuk dicapai. Namun sebuah layanan hosting bisa dikatakan baik bila mampu mencapai angka 99% atau lebih dalam sebulan. Sedangkan untuk klien korporat umumnya memakai patokan 99,5% atau lebih.

Penyedia layanan yang baik akan mencantumkan hasil Uptime Monitoring dari pihak ketiga yang akurasinya bisa dipercaya. Sehingga calon klien bisa melihat secara langsung performance dan kestabilan layanan yang ditawarkan.

Seberapa pun canggih dan lengkap sebuah paket hosting, tidak akan berguna bila memiliki waktu uptime yang buruk. Kami sebelumnya adalah pengguna dan pernah mengalami sendiri situasi dimana website kami down selama 3 hari nonstop dan customer service tidak bisa dihubungi alih-alih memberi solusi. Jangan sampai ini terjadi pada anda dan menyebabkan hilangnya sebuah peluang bisnis.

3. Portfolio

Perhatikan bila penyedia layanan menampilkan para klien di website mereka. Dalam dunia web hosting, klien yang tidak puas bisa dengan mudah untuk memutuskan kontrak dan pindah ke penyedia layanan yang lebih baik. Jadi jumlah klien menunjukkan seberapa besar kepercayaan dari para klien terhadap penyedia layanan. Penyedia layanan bisa diberi nilai plus bila dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah terkenal.

4. Spesifikasi Teknis

Baca dengan seksama detail spesifikasi teknis yang ditawarkan. Fokuskan pilihan pada paket yang sesuai dengan kebutuhan, bukan pada paket super-heboh-murah-meriah, namun dalam prakteknya paket tersebut bukan untuk anda. Website tipe company profile atau brosur online umumnya memerlukan disk space tidak lebih dari 300MB, bahkan kurang. Sementara website e-commerce kelas menengah umumnya memerlukan disk space antara 300MB - 1GB.

Jadi yakinkan diri anda bahwa anda tidak memerlukan disk space 100GB plus 10000GB bandwidth untuk webite yang hanya terdiri dari 5 halaman statis.

5. Administrasi dan Policy

Penyedia layanan hosting yang baik selain handal dalam urusan teknis, juga harus memiliki fasilitas administrasi yang mudah dan efisien serta policy (aturan main) yang jelas untuk kliennya. Administrasi mencakup kemudahan pembayaran, penyediaan informasi layanan untuk masing-masing klien dan prosedur technical support yang sistematis. Sementara policy adalah ketentuan layanan yang jelas dan mudah dimengerti termasuk informasi prosedur layanan, larangan-larangan, sanksi-sanksi dsb.

Kedua hal diatas mungkin bukan hal yang wajib, namun diperlukan untuk memberikan layanan yang profesional kepada para klien.

Sumber : ayadinata.com

Baca Selengkapnya...

Plurk

Judulnya aneh ya ?..
"Plurk" hanya satu kata..
hehe..
Plurk tu layanan widget yang isinya keseharian kita..
liat aja di widget [A]gito..
critanya ketemu Plurk ni..
hari ini [A]gito iseng blogwalking ke Bakule Telo..
eh . ...
nemu widget asik di sidebarnya..
langsung sign up deh..
proses sign up-nya gampang kok..
tinggal masuk ke website plurk disini..
tinggal klik "Daftar dengan cuma-cuma"..
bagi yang Indonesia..
trus isiin deh textbox isian sesuai dengan keterangannya..
baca juga Persyaratan Penggunaan dan Kebijakan Privasi menggunakan Plurk..
kalo udah centang Saya telah membaca dan menyetujui Persyaratan Penggunaan dan Kebijakan Privasi..
biz tu tinggal nge-plurk deh..
segitu aja dulu..
cz agito juga baru di dunia Plurk..

Baca Selengkapnya...

Pengaruh Anime dan Manga di Indonesia

Anime, abreviasi dari kata "animation", dalam kamus bahasa Inggris dideskripsikan sebagai film animasi bergaya Jepang atau film animasi yang diproduksi oleh Jepang itu memang populer di Indonesia. Popularitasnya di Indonesia itu sebenarnya sudah dimulai pada awal dekade 1980-an ketika video betamax sedang menjamur.

Penggemar anime yang lahir pada dekade 1960-an dan 1970-an mungkin masih sangat ingat anime bertajuk "Voltus Five", "God Sigma" "Candy-Candy" dan "Ikkyu-san" yang begitu populer pada dekade 1980-an. Namun popularitasnya di Indonesia saat itu masih terbatas karena beredar dalam format video betamax, sedangkan pada waktu itu tidak semua orang bisa membeli perangkat pemutar video betamax.

Pada dekade 1990-an, anime dapat dikatakan benar-benar "booming" karena pada waktu itu stasiun televisi Indonesia mulai memutar beberapa serial anime populer sehingga dapat disaksikan siapapun yang memiliki televisi. Indosiar yang baru lahir pada pertengahan 1990-an juga tidak mau ketinggalan untuk menayangkan anime. Malah anime-anime yang ditayangkan Indosiar saat itu sangat meledak di Indonesia.

Pemirsa setia Indosiar pada dekade tersebut tentu saja masih ingat tayangan serial anime yang sangat populer, "Sailor Moon" dan "Born to Cook". Dibandingkan dengan stasiun-stasiun televisi lain di Indonesia, mungkin dapat dikatakan hanya Indosiar yang masih setia dan konsisten menayangkan anime di layar kaca hingga kini. Sebut saja "Digimon", "Inuyasha", "Gundam Seed", "Dragon Ball", "Detective Conan", "GTO", "Naruto" dan masih banyak anime yang pernah dan sedang ditayangkan di Indosiar.

Popularitas anime pun makin menggila setelah VCD dan DVD anime bajakan begitu mudah didapatkan di seantero Indonesia, tidak hanya dijual di pusat-pusat perbelanjaan, bahkan mudah didapatkan melalui internet. Para otaku, sebutan untuk penggemar anime dan manga, di Indonesia pun memberikan andil atas populernya genre tersebut dengan membentuk berbagai komunitas baik di dunia nyata ataupun di internet seperti milis dan forum.

Dalam artikel Michael O'Connell "A Brief History of Anime" dalam buku "Otakun 1999 Program Book" (1999), bahwa anime sebagai film animasi telah berkembang di Jepang sejak awal abad ke-20, tetapi dalam bentuk yang sekarang, baru dimulai pada dekade 1960-an ketika Osamu Tezuka, pembuat komik yang juga bapak manga Jepang, tertarik pada animasi setelah terlibat sebagai konsultan untuk film animasi buatan Toei "Alakazam the Great" (1960) yang berdasarkan komiknya.

Sebelum dekade 1960-an, gaya film-film animasi Jepang masih dipengaruhi oleh animasi Barat terutama animasi produksi Walt Disney. Menurut O'Connell, Tezuka membawa gaya baru dalam pembuatan anime terutama pada desain karakter dan juga penggunaan ekspresi emosi yang kaya. Desain karakter Osamu Tezuka yang menyederhanakan karakter wajah, pembuatan mata yang besar dan penggunaan ekspresi emosi pada karakter anime dan manga itulah membawa pengaruh dahsyat pada industri anime Jepang setelah Perang Dunia II.

Karya Osamu Tezuko yang fenomenal tentu saja adalah "Astro Boy". Anime "Astro Boy" (1966) itu diangkat dari komiknya bertajuk sama yang dibuat pada dekade 1950-an. Gaya anime yang berdasarkan teknik ciptaan Osamu Tezuko makin berkembang setelah genre anime tidak lagi terbatas untuk konsumen anak-anak, tapi juga melebar ke berbagai genre seperti yang dikenal sekarang antara lain genre fiksi ilmiah, drama percintaan, horor dan aksi laga yang lebih banyak ditujukan pada konsumen usia remaja dan dewasa.

Lompatan terbesar yang dibuat di dunia anime ketika serial anime di televisi berjenis fiksi ilmiah meledak di pasaran. Hal ini terjadi berkat serial animasi "Uchu Senkan Yamato " (di Amerika dikenal sebagai "Space Battleship Yamato") karya Leiji Matsumoto mampu menangkap imanjinasi penontonnya. Leiji Matsumoto yang dianggap sebagai bapak anime fiksi ilmiah juga menginspirasi banyak anime bergenre fiksi ilmiah populer antara lain "Uchu Kaizoku Captain Harlock" dan "Galaxy Express 999" (1999).

Selain itu subgenre fiksi ilmiah yaitu anime mecha (robot) yang menampilkan robot-robot raksasa yang dipiloti manusia yang sebenarnya sudah ada sejak Shotaro Kaneda menciptakan "Tetsujin 28" pada 1966 yang kemudian disusul dengan serial populer "Voltus V". Namun pada tahun 1979 subgenre tersebut mendapat darah baru setelah mengalami interpretasi baru dengan pembuatan serial anime bertajuk "Mobile Suit: Gundam" yang disusul dengan berbagai "spin off" (keturunan) seperti "Gundam X", "Gundam Seed", "Gundam Destiny" dan banyak lain.

Begitu pula dengan genre-genre lainnya yang juga populer seperti genre drama percintaan "Hana Yori Dango", genre horor " Angel of Darkness" dan sebagainya. Bicara tentang anime, juga tidak bisa dilepaskan dari manga. Di Jepang, pengertian anime sendiri tidak hanya mengacu pada animasi, namun juga mengacu pada manga. Terlebih lagi sebagian besar anime Jepang sering diangkat dari manga (komik Jepang), walau anime juga diangkat dari novel, game atau cerita rakyat Jepang. Selain itu, juga ada anime populer yang kemudian dibuatkan manga seperti serial "Gundam".

Manga dalam bentuk modern telah dimulai sejak Perang Dunia dan juga memiliki akar sejarah yang sangat tua sejak awal kesenian Jepang, namun memiliki momentum sangat berarti setelah Osamu Tezuka menciptakan karya manga fenomenal "Astro Boy" pada tahun 1951. Tidak heran jika dalam perkembangannya teknik pembuatan manga sangat terpengaruh oleh gaya Osamu Tezuka karena juga memiliki karakteristik sama dengan anime seperti desain karakter wajah dan mata yang bulat besar.

Selain itu, teknik Tezuka dalam membuat manga dengan pendekatan sinematografi mampu menyajikan kisah yang menggugah emosi pembacanya dibandingkan dengan komik Barat yang cenderung datar dari sisi emosi. Dalam proses tersebut, Tezuka telah mengajari dan menginspirasi para artis pembuat manga bagaimana memvisualisasikan dan membuat komposisi sebuah kisah manga yang dinamis dan selalu bergerak. Proses itu juga terlihat dalam pembuatan anime yang berdasarkan gambar-gambar yang dibuat tangan, walau kini dalam perkembangannya banyak menggunakan teknologi grafis komputer.

Juga tidak boleh dilupakan jasa artis wanita Machiko Hasegawa yang menciptakan manga "Sazae-san" sejak tahun 1946. Kisah manga karya Machiko Hasegawa yang memfokuskan pada kehidupan wanita inilah menginspirasikan manga genre shojo (drama percintaan) untuk segmen pembaca gadis remaja. Tidak heran jika genre manga shojo untuk remaja wanita hingga kini pun sangat terlihat pengaruh gaya Machiko Hasegawa seperti desain karakter wajah baik pria maupun wanita yang begitu lembut dan cantik, bentuk mata yang sayu dan bulu mata yang panjang.

Nah, seperti yang telah dikatakan di atas bahwa anime dan manga kini sangat populer di Indonesia sehingga mengalahkan komik dan animasi dari belahan dunia barat yang sempat berjaya seperti Tintin atau Superman dan Batman. Anda bisa melihat bagaimana banyaknya manga yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia di toko-toko buku Indonesia seperti manga "Kungfu Boy", "Detecive Conan" dan sebagainya.

Begitupula penggemar manga juga ingin menyaksikan adaptasi manga dalam bentuk anime. Popularitas tersebut mau tidak mau pun membawa perubahan di Indonesia seperti munculnya komunitas penggemar manga dan anime. Selain itu, juga terlihat bagaimana penggemar anime dan manga di Indonesia mengekspresikan diri dalam "cosplay" yaitu berdandan dengan kostum yang berdasarkan karakter-karakter anime dan manga kesayangan mereka.

Di sisi lain populernya manga di Indonesia itu juga membawa pengaruh pada proses pembentukan komik karya Indonesia, karena secara tidak langsung banyak generasi komikus muda di Indonesia baik tanpa sadar maupun sadar, terpengaruh oleh gaya aliran Jepang (manga). Tidak heran jika bermunculan sekolah-sekolah dan kursus menggambar gaya manga di Indonesia untuk memenuhi keinginan orang-orang yang berminat menjadi ilustrator komik ala Jepang, baik yang dikelola secara profesional dan mahal hingga kursus yang berbiaya murah.


Baca Selengkapnya...

Copyright © 2009 - Manga Maniac - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template